Irwansyah, Deni (2014) Strategi pemasaran bank muamalat cabang Palangka Raya dalam meningkatkan pangsa pasar. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak (DI).pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Pendahuluan (DI.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Landasan (DI).pdf Download (587kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Metode Penelitian (DI).pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V Penutup (DI).pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV Laporan Penelitian (DI).pdf Download (560kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pada setiap tahunnya perkembangan peraturan Bank Indonesia dan kehadiran pesaing dapat memberikan dampak terhadap kegiatan operasional perbankan tidak terkecuali Bank Muamalat Cabang Palangka Raya. Pertumbuhan pangsa pasar yang pada awalnya dikuasai semakin lama semakin berkurang dan apabila tidak ditanggapi dengan serius dapat berakibat fatal terhadap bisnis yang dijalankan. Strategi pemasaraan memiliki peranan penting untuk mengurangi dampak dari kehadiran pesaing. Penerapan strategi pemasaran yang tepat dan akurat dapat mengembalikan pangsa pasar yang telah diambil oleh pesaing.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang dibuat dan diterapkan Bank Muamalat Cabang Palangka Raya dalam meningkatkan pangsa pasarnya dan kemudian membandingkan jumlah asset, DPK dan pembiayaan yang diperoleh dengan total asset, DPK, dan pembiayaan perbankan syariah di Palangka Raya akan diketahui relevansi dari strategi pemasaran yang diterapkan selama ini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yakni dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan model menurut Miles dan Hubberman yaitu: (1) pengurangan data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun untuk pengabsahan data dilakukan dengan Trianggulasi sumber yakni mengumpulkan data sejenis dari beberapa sumber yang berbeda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Muamalat Cabang Palangka Raya dalam meningkatkan pangsa pasar membuat dan menerapkan tiga strategi pemasaran yaitu: (1) Custumer Orientation yaitu Bank Muamalat melakukan pendekatan dengan memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah atau masyarakat (2) Mengembangkan Layanan Berbasis Teknologi, (3) Promotion Approuch. Pemilihan 3 strategi ini berdasarkan penilaian terhadap kekuatan yang dimiliki dan kepuasaan nasabah dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat yang belum menjadi nasabah karena keunggulan dari Bank Muamalat Cabang Palangka Raya dibanding bank syariah lain telah dibuktikan.
Penerapan strategi pemasaran ini membuktikan bahwa pada tahun 2013 jumlah DPK, dan pembiayaan telah memenuhi target yang diinginkan hanya dari segi asset yang tidak mencapai target. Tetapi apabila dilihat dari pangsa pasar hanya DPK yang mengalami kenaikan setelah mengalami penurunan pada tahun sebelumnya, sedangkan pangsa pasar asset dan pangsa pasar pembiayaan tetap mengalami penurunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pangsa Pasar, Asset, DPK, Pembiayaan. |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
Divisions: | Fakultas Syariah > Jurusan Syariah > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 07:15 |
Last Modified: | 22 Apr 2018 04:10 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/105 |
Actions (login required)
View Item |