Manajemen sarana dan prasarana pendidikan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sukamara

Pujiyono, Pujiyono (2017) Manajemen sarana dan prasarana pendidikan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sukamara. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses pendidikan melalui proses belajar mengajar di madrasah sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu diantaranya adalah tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai disertai pemanfaatan dan pengelolaan yang baik. Begitu pentingnya sarana dan prasarana pendidikan sehingga setiap institusi berlomba-lomba untuk memenuhi standar sarana dan prasarana pendidikan demi meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
Penelitian ini membahas bagaimana perencanaan, pengadaan, penyimpanan dan penggunaan serta bagaimana pengawasannya di MTs Negeri 1 Sukamara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif dengan subjek penelitian meliputi Kepala Madrasah, Wakamad Sarana dan Prasarana, Kaur Tata Usaha, Staf Tata Usaha, Wakamad Humas, Guru, Wali Murid, dan Siswa MTs Negeri 1 Sukamara. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa Wawancara, Observasi, dan Kajian Dokumen (Dokumentasi). Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan teknik. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kepala Madrasah dan warga Madrasah mengelola Sarana dan Prasarana Pendidikan yang meliputi, Perencanaan, Pengadaan, Penyimpanan, Penggunaan dan Pengawasan Sarana dan Prasarana Pendidikan yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana dan prasarana pembelajaran di MTs Negeri 1 Sukamara sudah cukup baik dengan hasil sebagai berikut. 1) Perencanaan sarana dan prasarana pembelajaran melibatkan seluruh warga Madrasah dan juga trmasuk orang tuasiswa yang dilakukan setiap awal Tahun Pelajaran Baru. Kepala Madrasah menganalisis kebutuhan setiap tahunnya untuk menentukan skala prioritas pengadaannya; 2) Pengadaan sarana pendidikan dengan cara membeli dengan dana BOS dan BOPD sedangkan dana yang ada di DIPA dilaksanakan dengan melalui Pengadaaan langsung melalui rekanan 3) Kegiatan Penyimpanan Sarpras sudah terlaksana dengan baik memanfaatkan gudang yang ada dan dikoordinir oleh wakamad sarpras; 4)Penggunaan sarana dan prasarana pendidikan sudah terlaksana dengan baik terbukti dengan adanya petunjuk penggunaan, penataan dan pemeliharaan sarpras tersebut secara kontinou terhadap sarpras yang ada; 5) Pengawasan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan secara langsung dan tidak langsung, hanya saja pengawasan tidak langsung masih lemah terbukti dengan pelaporan yang belum bisa bejalan dengan baik.

ABSTRACT

The success of the process of education through the process of teaching and learning in madrasah is influenced by many factors; one of them is the availability of adequate educational facilities and infrastructure along with good utilization and management. The importance of educational facilities and infrastructure generally made institutions competited to meet the standards of educational facilities and infrastructure to improve the quality of the learning process.
This research discussed how planning, procurement, storage and use and how its supervision at MTs Negeri 1 Sukamara. This research used qualitative approach with descriptive analysis with research subjects included Madrasah Principal, Madrasah Vice Principal of Facility and Infrastructure, Head of Administrative Staff,Vice Madrasah Principal of Public relation, Teacher, Student Guardian, and Student MTs Negeri 1 Sukamara. The data collection techniques were used interview, observation, and documentation. The validity of the data was tested by triangulation of sources and technique. The data obtained were analyzed by data reduction, data presentation, and conclusion.
The aims of this research were to find out how Madrasah Principal and Madrasah members manage education facility and infrastructure namely; planning, procurement, storage, use and Supervision of education facility and infrastructure.
The results showed that the management of learning facilities and infrastructure in MTs Negeri 1 Sukamara was good enough with the following results; 1) the planning of learning facilities and infrastructure involved all Madrasah members and also included the parents of students conducted at the beginning of each new school year. Madrasah principal analyzed the needs of each year to determine the scale of their procurement priorities;2) procurement of educational facilities by purchasing BOS and BOPD funds while funds available in DIPA were implemented through direct procurement through partners; 3) Storage Activities Facilities and infrastructure had been well implemented utilizing existing warehouses and coordinated by the vice principals on facilities and infrastructure;4) The use of educational facilities and infrastructures had been well implemented as evidenced by the guidance of the use, structuring and maintenance of facilities and infrastructure continuously to the existing facilities and infrastructure;5) The supervision of educational facilities and infrastructure was done directly and indirectly, only indirect supervision was still weak as evidenced by the reporting that could not be going well.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 06 Jul 2018 05:13
Last Modified: 06 Jul 2018 05:13
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1049

Actions (login required)

View Item View Item