Strategi Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Kumai Kecamatan Kuamai dalam mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan

Anwar, Khoirul (2017) Strategi Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Kumai Kecamatan Kuamai dalam mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
TESIS KHOIRUL ANWAR-15013107.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sarana dan prasarana pendidikan merupakan material pendidikan yang keberadaan, fungsi dan perannya mempunyai posisi sangat penting dalam menunjang kemajuan pendidikan. Kepala madrasah/sekolah merupakan jabatan strategis dalam mencapai tujuan pendidikan, termasuk perencanaan dan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan adalah menjadi salah satu tugas dan tanggung jawabnya.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi-strategi yang dilakukan Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kumai dalam perencanaan, pengadaan dan pengembangan sarana dan prasarana pendidikan yang ada.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilakukan di MTs Negeri Kumai Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keaslian/keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Data yang dianalisis dengan menggunakan model interaktif meliputi: pembengkakan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: strategi yang digunakan Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Kumai dalam perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana adalah dengan menentukan: Strategic Planning (rencana berjangka panjang), Operational Plan (rencana berjangka pendek), dan Spesific Plan (rencana khusus), kemudian strategi pengadaan kebutuhan sarana prasarana adalah dengan menentukan sumber pendanaan dan menentukan prosedur pengadaan, sedangkan strategi yang dilakukan oleh Kepala MTs Negeri Kumai dalam mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan, adalah dengan: 1) membangun kerjasama, 2) musyawarah, 3) analisis kebutuhan, dan 4) analisis SWOT.

ABSTRACT

Facilities and infrastructure is an educational material whose existence, function, and role have an essential position in supporting the progress of education. The headmaster has a strategic role in achieving the education goals, including planning and supplying of educational facilities and infrastructures; it has to be one of his duties and responsibilities.

This study aims to find out how the headmaster’s strategy in planning, supplying, and developing facilities and infrastructure in Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kumai.

This study used qualitative approach and took place in MTs Negeri Kumai West Kotawaringin Regency. Data collection techniques were through interview, observation, and documentation. Data validity used triangulation data source, triangulation method, and triangulation theory. Data was analyzed by using interactive model namely: data collection, data reduction, data presentation, and verification.

The results showed that: the facilities and infrastructures planning strategy that used by headmaster of Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kumai is by determining: strategic planning (long term plan), operational plan (short term plan), and specific plan. Whereas, the facilities and infrastructures supplying strategy that used by the headmaster is by determining the source funding and the supplying procedure. Lastly, the developing strategy for facilities and infrastructure are 1) building cooperation, 2) deliberation, 3) needs analysis, and 4) SWOT analysis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategi; pengembangan sarana dan prasarana
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 04 Jul 2018 02:01
Last Modified: 04 Jul 2018 02:01
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1032

Actions (login required)

View Item View Item