Impelementasi manajerial kepala madrasah dalam pengelolaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Baru Pangkalan Bun

Mustofa, Ali (2017) Impelementasi manajerial kepala madrasah dalam pengelolaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Baru Pangkalan Bun. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Tesis Ali Mustofa - 15013092.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program pembelajaran merupakan material pendidikan yang keberadaan, fungsi dan perannya mempunyai posisi sangat penting dalam menunjang kemajuan pendidikan. Fungsi manajerial kepala madrasah/sekolah sangat menentukan dalam mencapai tujuan pendidikan, khususnya dalam pengelolaan pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi manajerial kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Baru Pangkalan Bun dalam pengelolaan pembelajaran yang ada, khususnya tentang bagaimana implementasi manajerial kepala MIN Baru dalam : 1) perencanaan pembelajaran, 2) pengorganisasian pembelajaran, 3) pelaksanaan pembelajaran, dan 4) pengendalian pembelajaran yang dilaksanakan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilakukan di MIN Baru Pangkalan Bun. Subjek penelitian adalah kepala MIN Baru, sedangkan informannya adalah wakamad kurikulum dan para guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Prosedur analisis data dengan menalaah seluruh data, reduksi data, verifikasi data, dan display data. Teknik keaslian/keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi manajerial kepala MIN Baru dalam: 1) perencanaan pembelajaran adalah dengan melakukan perencanaan penyusunan Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan penyusunan jadwal supervisi, 2) pengorganisasian pembelajaran adalah menyusun penempatan guru kelas, jam mengajar, dan menyusun jadwal pelajaran, 3) pelaksanaan pembelajaran adalah menggerakkan para guru untuk menyusun Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan 4) pengendalian pembelajaran adalah dengan menetapkan standar pembelajaran, mengukur pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran, serta mengkoreksi dan perbaikan pembelajaran.

ABSTRACT

The learning program is an educational material that the existence of function and role had a very important position in supporting the progress of education. The managerial function of madrasah / school Principal was crucial in achieving the educational goals, especially in controlling learning.
The aim of this study was to find out how the implementation of Madrasah Principal Managerial of New State Ibtidaiyah Negeri Pangkalan Bun in the learning management, especially about how the implementation of madrasah principal managerial in: 1) learning planning, 2) organizing learning, and 4) learning controls that are implemented.
This research used qualitative approach and done in the new state madrasah in Pangkalan Bun. The subject of the study was the madrasah principal, while the informant was the Vice madrasah principal of curriculum and the teachers. The data collections techniques were interviews, observation, and documentation. The procedures of data analysisis were data dealing, data reduction, data verification, and display data. Technique of authenticity / validity of data used triangulation of data source and triangulation method.
The result of this research indicated that: The implementations of Madrasah Principal Managerial in; 1) the learning planning of new state madrasah Ibtidaiyah Pangkalan Bun were by planning the preparation of school work plan and preparation of supervision schedule, 2) In learning organizing, madrasah principal arranged the placement of classroom teachers, teaching hours, and divided the lesson schedule. 3) In the learning implementation, the madrasah principal instructed the teachers to prepare the annual program, semester program, syllabus, and learning implementation plan, and 4) in learning control, the madrasah principal arranged learning standard, measured learning process, evaluated, corrected and improved the learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajerial, pengelolaan pembelajaran.
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 02 Jul 2018 02:43
Last Modified: 04 Jul 2018 02:09
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item View Item