Pelaksanaan bimbingan kesesuaian gerakan dan bacaan shalat siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 10 Palangka

Ningsih, Fitria (2015) Pelaksanaan bimbingan kesesuaian gerakan dan bacaan shalat siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 10 Palangka. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
BAB I FN.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FN.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III FN.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V FN.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Guru selalu dituntut agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakannya. Guru berperan sebagai pengelola proses belajar mengajar, bertindak meningkatkan kemampuan siswa untuk menyimak pengajaran dan menguasai tujuan-tujuan pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam dalam memberikan bimbingan kesesuaian gerakan dan bacaan shalat untuk siswa kelas 3 sekolah dasar negeri 10 Palangka. Pembelajaran bimbingan kesesuaian gerakan dan bacaan shalat hendaknya diberikan kepada siswa sejak dini dengan tahapan yang mudah dimengerti oleh siswa.

Rumusan Masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana cara guru membimbing siswa kelas 3 SD Negeri 10 Palangka dalam kesesuaian antara gerakan dan bacaan shalat. 2) Metode apa yang digunakan guru dalam bimbingan kesesuaian antara gerakan dan bacaan shalat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, objek penelitian adalah pelaksanaan bimbingan kesesuaian gerakan dan bacaan shalat kelas 3 SDN 10 Palangka. Sedangkan subyek penelitian adalah guru Agama Islam di SDN-10 palangka dan informan penelitian adalah siswa kelas 3 SDN- 10 Palangka. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tahapan yaitu, Reduksi Data, Data Display dan Conclusion Drawing/verifying.

Hasil penelitian diketahui bahwa 1). Cara guru membimbing kesesuaian gerakan dan bacaan shalat siswa kelas 3 SDN- 10 palangka dilakukan guru dengan bertahap, mulai dari mempersiapkan peralatan shalat seperti sarung, mukena, sajadah, kopiah dan karpet, guu juga memberikan ceramah dan mempraktekan kesesuaian gerakan shalat untuk di amati oleh siswa sehingga siswa dapat lebih mudah dalam mengingat gerakan dan hafalan siswa, meski masih ada sebagian siswa yang belum hafal gerakan dan bacaan shalat, guru terus memberikan bimbingan secara terus menerus dan berulang- ulang sampai siswa memahami kesesuaian gerakan shalat dengan baik. Setelah guru memberikan praktek dan arahan kepada siswa, siswa dipinta maju kedepan kelas satu persatu agar guru dapat melihat berapa banyak siswa yang sudah mengerti dan hafal gerakan dan bacaan shalat. 2) Bimbingan kesesuaian gerakan dan bacaan shalat untuk kelas 3 SDN- 10 Palangka menggunakan metode ceramah dan metode demonstrasi, siswa menjadi lebih antusias dalam belajar serta lebih mudah memahami pembelajaran yang diberikan oleh guru karena tidak hanya memberikan penjelasan tetapi juga mempraktekan pembelajaran secara langsung.

ABSTRACT

Teachers always required in order to improve the quality of teaching is implemented. Teachers act as manager of the learning process, acting improving students' ability to listen to the teaching and mastering purposes of education, especially of Islamic Education in providing guidance suitability of movement and reading the prayer for grade 3 students in SDN 10 Palangka.

Based on these descriptions, researchers raised the title "Implementation Guidance Compliance Prayer Movement and Reading Grade 3 Elementary School 10 Palangka ". This study discusses 1) How does the teacher guide students in grade 3 School 10 Palangka in correspondence between the movement and reading the prayer? 2) What methods are used by teachers in the guidance of correspondence between the movement and reading the prayer?

This study used a qualitative approach, the object of the study was to determine and describe the implementation of the guidance suitability of movement and reading the prayer grade 3 SDN 10 Palangka. While the study subjects was a teacher of Islam in SDN-10 Palangka. Data collection techniques are observation, interviews and documentation. Data were analyzed by stages, namely, reduction of data, Data Display and Conclusion Drawing / verifying.

The survey results revealed that 1). Guidance suitability of movement and reading the prayer Grade 3 teacher SDN- 10 Palangka well done gradually, starting from preparing the prayer equipment such as gloves, mukena, prayer mat, cap and carpets, Guu also give lectures and practice suitability for the prayer movement observed by students so that students can more easily recall and memorization of the student movement, although there are still some students who have not memorized the movement and reading the prayer, the teacher continues to provide guidance continuously and repeatedly until the students understand better conformity with the prayer movement. After practice and guidance teachers give to students, students dipinta class came forward one by one so that teachers can see how many students who already understand and memorize the movement and reading the prayer. 2) To provide guidance suitability of movement and reading the prayer for class 3 SDN- 10 Palangka using the demonstration, students become more enthusiastic about learning and more easily understand the lessons given by teachers for not only give an explanation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: gerakan shalat; bacaan shalat; bimbingan belajar; SD Negeri 10 Palangka
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 21 Nov 2017 07:03
Last Modified: 21 Nov 2017 07:03
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/923

Actions (login required)

View Item View Item