Penerapan Metode Eksperimen Dengan Pendekatan Induktif Pada Materi Pokok Kalor Kelas X MAN Model Palangka Raya Semester II Tahun Ajaran 2013/2014

Ardi, Lesmana (2014) Penerapan Metode Eksperimen Dengan Pendekatan Induktif Pada Materi Pokok Kalor Kelas X MAN Model Palangka Raya Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (AL).pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan (AL).pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KKajian (AL).pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode (AL).pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Hasil (AL).pdf

Download (835kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Penutup (AL).pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran fisika dengan menerapkan metode eksperimen dengan pendekatan induktif pada materipokokkalor, (2) ketuntasan hasil belajar siswa setelah penerapan metode eksperimen dengan pendekatan induktif pada materi pokok kalor, (3) respon siswa setelah penerapan metode eksperimen dengan pendekatan induktif pada materi pokok kalor.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif.Instrumen yang digunakan lembar pengamatan aktifitas siswa, tes hasil belajar (THB) kognitif siswa, dengan instrumen tes berjumlah 27 butir soal pilihan ganda dengan 5 opsi dari 45 soal. Sampel penelitiankelas X-8 semester II MAN Model Palangka rayaberjumlah35 siswa. Pada sampel diajarkan pokok bahasan kalor dengan menerapkan metode eksperimen dengan pendekatan induktif, pada akhir pembelajaran sampel diberikan tes akhir yang bertujuan untuk mengetahui tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek kognitif.
Hasil penelitian diperoleh:(1)Aktifitas siswa dalam pembelajaran menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan induktif pada materi pokok kalor diperolehpersentase rata-rata76,90% dengan kategori cukup baik. (2) Ketuntasan hasil belajar kognitif secara individu diperoleh 26 siswa yang tuntas dan 9 siswa yang tidak tuntas. Secara klasikal pembelajaran dinyatakan tidaktuntas, karena 74,28% siswa tuntassehingga belum memenuhi kriteria ketuntasan klasikal ≥75%. TPK kognitif yang tuntas sebanyak 17(77,27%) TPKdan 5 (22,73%) TPK tidak tuntas.(3) Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan induktif pada materi pokok kalor 85,7% siswa menyatakan setuju bahwa metode eksperimen dengan pendekatan induktif adalah bermanfaat,80% siswa menyatakan setuju bahwa pembelajaran menggunakan metode eksperimen dangan pendekatan induktif lebih memotivasi siswa untuk aktif dalam proses belajar

English
The study is intended to describe: (1) students’ activities in physics learning process by applying the experimental method of inductive approach in teaching heat subject, (2) students’ learning outcomes after applying the experimental method of inductive approach in teaching heat subject, (3) students’ responses after applying experimental method of inductive approach in teaching heat subject.
The study uses descriptive quantitative approach. The instrument to be used are observation sheet of students’ activity, learning outcomes test of students’ cognitive which consist of 27 items in the form of multiple choices with 5 options from 45 items. The samples were taught the heat subject by applying theexperimental method of inductive approach. At the end of the learning, samples were given posttest that intended to determine the students’ learning outcome in cognitive aspect.
The results of the study can be explained as follows: (1) Students’ activities in learning using the experimental method of inductive approach in teaching heat subject, it is obtained the score 76,90% with sufficient category. (2) Individual cognitive learning outcomes, it is obtained that 26 students passed the test and 9 students did not passed the test (25.7%). Based on classical criteria, The learning using experimental method of inductive approach in teaching heat subject is considered failed, because the result that 74.28% students passed the test did not reach classical thoroughness criteria which is ≥75%. Cognitive thoroughness TPK are 17 (77.27%) TPK and 5 (22,73%) TPK did not completeness. (3) Students’ responses toward learning using the experimental method of inductive approach in teaching heat subject, it is obtained that 85.7% students aggreed for experimental method of inductive approach is useful. 80% students aggreed that learning using experimental method of inductive approach could motivate the students to be more active in learning process.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 24 Aug 2016 09:22
Last Modified: 24 Aug 2016 09:22
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/88

Actions (login required)

View Item View Item