Penerapan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar fisika dan keterampilan proses sains pada pokok bahasan Kalor di MTs Islamiyah Palangka Raya

Safitri, Rafidah (2017) Penerapan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar fisika dan keterampilan proses sains pada pokok bahasan Kalor di MTs Islamiyah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rafidah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Model Pembelajaran Inquiry Training dan Keterampilan Proses Sains belum pernah dilaksanakan di sekolah MTs Islamiyah palangka Raya. Sehingga, siswa belum pernah melibatkan diri dalam melakukan suatu penelitian ilmiah di sekolah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model inquiry training pada siswa kelas VII semester I MTs Islamiyah Palangka Raya pokok bahasan kalor, (2) Keterampilan proses sains siswa yang diajar menggunakan model inquiry training pada siswa kelas VII semester I MTs Islamiyah Palangka Raya pokok bahasan kalor.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif siswa dan lembar pengamatan keterampilan proses sains. Populasi penelitian adalah kelas VII semester I MTs Islamiyah Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017, sampel penelitian adalah kelas VIIA berjumlah 27 orang sebagai kelas eksperimen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar menunjukkan terdapat peningkatan yang diajarkan dengan model Inquiry Training di kelas eksperimen N-Gain sebesar 0,60 (sedang). (2) Keterampilan proses sains siswa dengan perolehan persentase rata-rata tiap indikator yaitu observasi sebesar 33,21% (kurang sekali), mengajukan hipotesis sebesar 29,64% (kurang sekali), merencanakan penelitian sebesar 34,29% (kurang sekali), mengendalikan variabel sebesar 23,39% (kurang sekali), interprestasi data sebesar 27,14% (kurang sekali), kesimpulan sebesar 31,25% (kurang sekali) dan komunikasi sebesar 38,39% (kurang sekali). Keterampilan proses sains memiliki hasil akhir sebesar 31,05% (kurang sekali).

ABSTRACT

Model Inquiry Training and Skills Process Science has not been implemented in schools MTs Islamiyah Palangka Raya. Thus, students have never engaged themselves in doing a scientific research in school.

The purpose of this research is to know: (1) There are or no improvement of student learning outcomes are taught by using inquiry training model at grade VII, first semester of MTs Islamiyah Palangka Raya on heat subject, (2) Science process skill of students are taught by using inquiry training model at grade VII, first semester of MTs Islamiyah Palangka Raya on heat subject.

This research used descriptive quantitative. The instruments used were the test of students' cognitive learning outcomes and the observation sheet of the science process skills. The research population was grade VII, first semester of MTs Islamiyah Palangka Raya academic year 2016/2017, research sample was grade VIIA. They were 27 people as experiment class.

The results showed that: (1) the results showed that there was an improvement when it taught by Inquiry Training model in the N-Gain experimental class of 0.60 (medium). (2) students' science process skill with average percentage of each indicator was observation of 33,21% (less once), hypothesis 29,64% (less than once), planning of research equal to 34,29% (less once) , Controlling variable 23,39% (less once), data interpretation equal to 27,14% (less once), conclusion 31,25% (less once) and communication equal to 38,39% (less once). The science process skill has a final result of 31.05% (less once).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; kalor; keterampilan proses sains; metode inquiry training; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 08 Nov 2017 03:30
Last Modified: 08 Nov 2017 03:30
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/864

Actions (login required)

View Item View Item