Penerapan model Problem Based Instruction (PBI) terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pokok bahasan tekanan Kelas VIII Semester II di SMPN Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016

Askalani, Muhammad Arifi (2017) Penerapan model Problem Based Instruction (PBI) terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pokok bahasan tekanan Kelas VIII Semester II di SMPN Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak M.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - V.pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berrtujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan pemahaman konsep peserta didik; (2) peningkatan hasil belajar peserta didik; (3) perbedaan yang signifikan pemahaman konsep peserta didik; (4) perbedaan yang signifika hasil belajar kognitif peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) pada pokok bahasan tekanan. (5) aktivitas guru dan peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) pada pokok bahasan tekanan.

Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah one-grup pretest-postest design. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep, tes hasil belajar dan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Populasi penelitian adalah kelas VIII semester II SMPN 4 Palangka Raya, sedangkan sampel penelitian adalah kelas VIII-3 yang berjumlah 21 orang. Analisis data pretest dan postest pemahaman konsep dan hasil belajar kognitif siswa menggunakan SPSS versi 18.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik dengan nilai N-Gain sebesar 0,24 dengan kategori rendah; (2) Terdapat peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai N-Gain sebesar 0,47 dengan kategori sedang; (3) terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah menggunakan model problem based Instruction pada materi pokok tekanan; (4) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah menggunakan model problem based Instruction pada materi pokok tekanan; (5) Aktifitas guru selama pembelajaran dengan menggunakan model problem based Instruction pada materi pokok Tekanan termasuk dalam kategori sangat baik dan aktifitas peserta didik selama pembelajaran dengan menggunakan model problem based Instruction pada materi pokok Tekanan termasuk dalam kategori baik.

ABSTRACK

This study is aimed to know: (1) The raising understanding concept of students; (2) The raising of student’s outcomes; (3) there is a least significant difference understanding concept of students; (4) there is a least significant difference student’s outcomes before and after using model problem based intruction in Pressure material. (5) activity of teacher and student during learning using model of problem based intruction in Pressure material.

This study used pre-experimental methods and types using a one-group pretest-posttest design. The instrument used is the observation sheet of teacher activities and student activities, students cognitive achievement test and scientific attitude of students test. Population of the study there were class VIII second semester of SMPN 4 Palangka Raya and sample of the study there were class VIII-3 the total number was 21 students. The data analysis of pretest and posttest THB cognitive and process science skill used SPSS 18.0 for windows.

The result of the study showed: (1) The raising understanding concept of students with score N-gain is 0,24 in low category; (2) The raising of student’s outcomes with score N-gain is 0,47 in medium category; (3) significant diference understanding concept of students before and after using model of problem based intruction in pressure material; (4) significant difference of student’s cognitive outcomes before and after using model of problem based intruction in pressure material; (5) activity of teacher during learning using model of problem based intruction in pressure material includes very good category and while activity of student during learning using problem based intruction model in pressure material includes good category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problem based instruction; pemahaman konsep; hasil belajar; tekanan; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 08 Nov 2017 01:57
Last Modified: 08 Nov 2017 01:57
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/862

Actions (login required)

View Item View Item