Penerapan model pembelajaran guided inquiry dan model pembelajaran invitation into inquiry terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar psikomotor peserta pidik pada pokok bahasan usaha dan energi di SMAN 3 Palangka Raya

Febryana, Any (2017) Penerapan model pembelajaran guided inquiry dan model pembelajaran invitation into inquiry terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar psikomotor peserta pidik pada pokok bahasan usaha dan energi di SMAN 3 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ani Febry.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains peserta didik, (2) terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar psikomotor peserta didik, (3) terdapat tidaknya peningkatan yang signifikan keterampilan proses sains peserta didik, (4) terdapat tidaknya peningkatan yang signifikan hasil belajar psikomotor peserta didik, (5) terdapat tidaknya hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sains terhadap hasil belajar psikomotor peserta didik, (6) bagaimana aktivitas peserta didik, (7) bagaimana pengelolaan pembelajaran fisika yang menggunakan model pembelajaran guided inquirydan model pembelajaran invitation into inquiry padapokok bahasan usaha dan energi.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan model matching pretest-posttest comparation group design dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas X MIA 1 dan X MIA 3. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 3 Palangka Raya pada bulan April sampai dengan Mei 2017. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains, lembar pengamatan hasil belajar psikomotor dan aspek pengukuran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik dan lembar pengamatan pengelolaan kelas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran guided inquiry dan model pembelajaran invitation into inquiry,(2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar psikomotor antara peserta didik yang diajardengan model pembelajaranguided inquiry dan model pembelajaraninvitation into inquiry,(3) terdapatpeningkatan yang signifikanketerampilan proses sains menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan model pembelajaran invitation into inquiry, (4) terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar psikomotor menggunakan model pembelajaran guided inquirydan model pembelajaran invitation into inquiry, (5) tidak terdapat hubungan yang signifikan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar psikomotor menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan model pambelajaran invitation into inquiry, (6) aktivitas peserta didik menggunakan model pembelajaran guided inquiry nilai rata-rata sebesar 77,14 berkategori baik dan model pembelajaran invitation into inquiry termasuk rata-rata 76,66 berkategori baik. (7) pengelolaan pembelajaran menggunakan model guided inquiry nilai rata-rata sebesar2,97 berkategori cukup baik dan pada model invitation into inquiry nilai rata-rata sebesar 2,80 berkategori cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model guided inquiry; model invitation into inquiry; keterampilan proses sains; hasil belajar psikomotor; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 06 Nov 2017 04:32
Last Modified: 06 Nov 2017 04:32
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item View Item