Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Pada Pembelajaran Fisika Materi Pemantulan Cahaya Siswa Kelas X Semester II Madrasah Aliyah Darul Ulum Palangka Raya Tahun Pelajaran 2013/2014

Siti Nordinati, Siti Nordinati (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Pada Pembelajaran Fisika Materi Pemantulan Cahaya Siswa Kelas X Semester II Madrasah Aliyah Darul Ulum Palangka Raya Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (SN).pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan (SN).pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Kajian (SN).pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode (SN).pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Hasil (SN).pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Penutup (SN).pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengelolaan pembelajaran, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar yang dicapai melalui pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share pada materi pemantulan cahaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar fisika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share di MA Darul Ulum Palangka Raya tahun pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitin ini adalah seluruh siswa kelas X dengan jumlah siswa 53 orang yang terdiri dari 2 kelas. Dari keseluruhan kelas diambil kelas XB terdiri dari 26 orang siswa sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik Purposive sampling.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif siswa, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dan lembar aktivitas siswa. Hasil analisis soal uji coba intrumen, dari 50 soal yang diteskan didapatkan 32 soal yang valid untuk dijadikan soal THB dan 17 soal dinyatakan gugur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pembelajaran selama 3 kali pertemuan, 1.seluruh siswa 26 orang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 74,58%. Hasil ketuntasan TPK dari 22 TPK 99,63% tuntas dan 0,35% tidak tuntas. 2. Pengelolaan Pembelajaran dengan nilai rata-rata RPP I (2,66) kategori cukup baik, RPP II dengan nilai rata-rata (3,19) kategori baik, RPP III dengan nilai rata-rata (3,63) kategori baik. 3. Aktivitas siswa pada pertemuan1 mendapat nilai (77,21%) cukup aktif, pada pertemuan 2 mendapatkan nilai (82,58%) aktif, pada pertemuan 3 (87,79%) aktif. Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran yang terlihat menonjol adalah melakukan percobaan LKPD dari kelompok 93,17% sedangkan aktivitas siswa yang rendah adalah berbagi hasil diskusi sebesar 62,73% dan menanggapi hasil diskusi dari kelompok lain sebesar 62,15%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 19 Aug 2016 09:48
Last Modified: 19 Aug 2016 09:48
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/85

Actions (login required)

View Item View Item