Amalia, Hikmah (2017) Pengaruh pendekatan PAKEM terhadap kreativitas dan penguasaan konsep peserta didik pada materi gerak pada tumbuhan Kelas VIII MTsN Kuala Kapuas. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I-V.pdf Download (403kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari pembelajaran yang jarang menggunakan PAKEM sebagai sebuah pendekatan dalam proses pembelajaran. Sehingga kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran jarang dimunculkan. Hal ini pula menyebabkan kemampuan peserta didik dalam memahami konsep pembelajaran itu sendiri masih rendah. Kemudian dilakukanlah penelitian tentang pendekatan PAKEM itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya pengaruh penggunaan pendekatan PAKEM terhadap kreativitas dengan pembuatan produk kreativitas berupa lagu sains dan penguasaan konsep peserta didik terhadap materi yang diajarkan yaitu gerak pada tumbuhan kelas VIII MTsN Kuala Kapuas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaf. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental). Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design, yaitu sampel diberikan perlakuan selama waktu tertentu, dimana sampel dari kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN Kuala Kapuas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 39 orang dan VIII-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didiik sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan yaitu One Shot Case Study untuk mengetahui kreativitas kelas eksperimen dan pretest-posttest untuk mengetahui penguasaan konsep kelas eksperimen maupun kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan PAKEM terhadap kreativitas dan penguasaan konsep peserta didik. Hasil uji kreativitas dengan membuat produk kreativitas berupa lagu sains masing-masing kelompok memiliki nilai kreativitas produk yang berbeda-beda, dengan nilai rata-rata 73,5% berkategori Tinggi. Hasil uji rata-rata pretest dan posttest kelas ekperimen dan kontrol dengan kesimpulan bahwa nilai pretest sig.(2 tailed) < 0.05 yaitu 0.001 < 0.05 dan nilai postest sig.(2 tailed) < 0.05 yaitu 0.002 < 0.05, maka data pretets dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan sehingga kemampuan peserta didik baik kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda. Lebih lanjut nilai N-gain pada kelas ekperimen menunjukkan peningkatan pemahaman atau penguasaan konsep dengan nilai 0,52 berkategori sedang. Dan nilai N-gain pada kelas kontrol menunjukkan peningkatan pemahaman atau penguasaan konsep dengan nilai 0,37 berkategori sedang.
ABSTRACT
This study opposite with the learning that is rare in using PAKEM as an approach in the learning process so the students’ creativity in the learning process rarely raised. This also causes students low ability to understand the learning concept. Therefore, the research of PAKEM approach was conducted. This study aimed to describe whether or not the effect of using PAKEM approach toward creativity by making creative product in the form of science song and the students’ concept mastery of the plants movement material which taught in VIII grades students at MTsN Kuala Kapuas.
This research uses quantitative approach. The type of research used is quasi experimental. The design used was Nonequivalent Control Group Design, is samples were given treatment for a certain time, where samples from the experimental group or control group were not randomly selected. The population in this research is all of students of VIII grades class of MTsN Kuala Kapuas. The sample in this research is VIII-1 class as experiment class with 39 students and VIII-2 class as control class with 40 students. The method used is One Shot Case Study to know creativity of experiment class. The pretest and posttest score to know students concept mastery of experiment class and control class.
The results showed that there is an effect of PAKEM approach toward the students creativity and the students concept mastery. The result of creativity test by making creativity product in the form of science song each group has different creative value of the product, with average value 73,5% categorized by High. the Result of pretest and posttest test of experiment and control class with conclusion that the value of pretest sig (2 tailed) <0.05 is 0.001 <0.05 and the value of posttest sig. (2 tailed) <0.05 is 0.002 <0.05, so the pretest and posttest data In the experimental class and control class has a significant differences so that the ability of learners both experiment and control class is different. Furthermore, the value of N-gain in the experimental class shows an increase in comprehension or concept mastery with the value of 0.52 categorized by moderate. And the value of N-gain in the control class shows an increase in Comprehension or concept mastery with the value of 0.37 categorized by moderate.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas; penguasaan konsep; pendekatan PAKEM; gerak pada tumbuhan; biologi |
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060703 Plant Developmental and Reproductive Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 25 Oct 2017 07:55 |
Last Modified: | 25 Oct 2017 07:55 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/843 |
Actions (login required)
View Item |