Chindy Novi, Surbana (2014) Penerapan Hasil Pengembangan Media Animasi Macromedia Flash Pada Pembelajaran Elastisitas Dan Hukum Hooke Di Kelas XI Semester I MAN MODEL Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak (CN).pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (CN).pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III (CN).pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV (CN).pdf Download (778kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui hasil pengembangan media animasi macromedia flash pada pembelajaran Elastisitas dan Hukum Hooke, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran Elastisitas dan Hukum Hooke setelah menggunakan hasil pengembangan media animasi macromedia flash, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap penggunaan hasil pengembangan media animasi macromedia flash pada pembelajaran Elastisitas dan Hukum Hooke.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah kelas XI IA semester 1 MAN Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014, sampel penelitian adalah kelas XI IA-4 berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan evaluasi media animasi oleh validator, tes hasil belajar kognitif siswa, dan angket respon siswa. Uji coba instrumen Tes Hasil Belajar (THB) dilakukan pada kelas XI IA-1. Tingkat reliabilitas soal hasil uji coba instrumen dipeloleh sebesar 0,73.
Hasil penelitian diperoleh: (1) Hasil pengembangan media animasi macromedia flash pada pembelajaran elastistas dan hukum Hooke mendapat nilai rata-rata 4 (kategori baik). (2) Ketuntasan hasil belajar kognitif secara individu terdapat 26 siswa (82%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 74,64 dari 33 siswa yang mengikuti tes hasil belajar. Secara klasikal dikatakan tuntas, karena diperoleh 82% siswa. TPK yang tuntas sebanyak 7 TPK (39%) dari 18 TPK. (3) respon siswa terhadap penggunaan hasil pengembangan media animasi macromedia flash pada pembelajaran Elastisitas dan Hukum Hooke pada umumnya 28 orang siswa (84,85%) menyatakan pernah, 33 orang siswa (100%) merasa senang, 31 orang siswa (93,94%) merasa mudah dan 23 orang siswa (69,7%) merasa mampu memahami materi elastisitas dan hukum Hooke. 33 orang siswa (100%) merasa pembelajaran menjadi menarik dan 31 orang siswa menyatakan animasi yang telah dikembangkan tampilannya jelas (93,94%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 18 Aug 2016 07:08 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 07:08 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/83 |
Actions (login required)
View Item |