Studi kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam pada 5 SDN di Kota Palangka Raya

Wahyuni, Sri (2016) Studi kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam pada 5 SDN di Kota Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Tesis Sri W.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari pengamatan bahwa guru Pendidikan Agama Islam pada 5 SDN di kota Palangka Raya dalam melaksanakan tugasnya belum dilaksanakan dengan profesional. Adapun yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam pada 5 SDN di Kota Palangka Raya dengan adanya kebijakan dari kepala sekolah.

Sesuai dengan masalah yang diangkat, maka rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam pada 5 SDN di Kota Palangka Raya, bagaimana profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam pada 5 SDN di Kota Palangka Raya, apa hambatan atau kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam pada 5 SDN di Kota Palangka Raya.

Metode penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dilakukan pada 5 SDN di Kota Palangka Raya selama 3 bulan mulai tanggal 03 Februari 2016 sampai dengan 03 Mei 2016. Adapun latar penelitian dilakukan secara purposive dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Prosedur penelitian dengan langkah-langkah pembuatan rancangan, pelaksanaan dan pembuatan laporan penelitian. Data primer diperoleh yaitu berupa kebijakan kepala sekolah sedangkan data sekunder diperoleh berupa dokumen dan foto. Sebagai sumber data kepala sekolah pada 5 SDN di Kota Palangka Raya dan guru Pendidikan Agama Islam pada 5 SDN di Kota Palangka Raya sebagai Informan.

Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam pada 5 SDN di Kota Palangka Raya dengan memberikan keleluasan untuk mengikuti pendidikan S1 bagi guru agama yang belum memiliki ijazah S1, mengikuti Kerja Kelompok Guru, seminar, bimtek dan kegiatan-kegiatan lain guna meningkatkan profesionalismenya.

Profesionalisme guru Agama Islam pada 5 SDN di Kota Palangka Raya 4 orang sudah profesional yaitu memiliki ijazah S1, Sertifikat Pendidik, persiapan mengajar sudah dilaksanakan, menggunakan metode yang bervariasi, alat peraga dipersiapkan dan yang paling penting sikap digugu dan ditiru dari guru Agama tersebut. Sedangkan 2 orang belum profesional yaitu belum memiliki ijazah S1 dan Sertifikat Pendidik, persiapan mengajar tidak dipersiapkan, menggunakan metode yang kurang bervariasi, tidak menggunakan alat peraga dan sikap digugu dan ditiru belum sepenuhnya dilaksanakan.

Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam pada 5 SDN di Kota Palangka Raya yaitu waktu kegiatan peningkatan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam bersamaan dengan kegiatan proses belajar mengajar berlangsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kebijakan kepala sekolah; profesionalisme; principal policy; professionalism; tenaga pendidik; guru PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:05
Last Modified: 06 Sep 2017 04:05
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item View Item