Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kinerja guru di SMA dan MA se Kota Palangka Raya

Diirun, Muhamad Asran (2016) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kinerja guru di SMA dan MA se Kota Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi MA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah merupakan pimpinan tertinggi dalam sebuah lembaga sekolah yang memegang peranan penting dalam hal meningkatkan kinerja guru di sekolahnya. Hasil pengamatan awal menunjukkan kepala sekolah masih ada yang bertindak secara otoriter dengan mengambil kebijakan sendiri tanpa melibatkan guru-guru. Dalam penunjukkan pelaksanaan tugas tertentu kepala sekolah cenderung menunjuk orang-orang kepercayaannya saja tanpa melihat kapasitas dan keahliannya. Hal ini dapat memberikan.kesan yang kurang baik terhadap bawahannya sehingga dapat membentuk suatu budaya yang berpengaruh terhadap sikap dan kinerja guru. Sebagai akibat dari kepemimpinan kepala sekolah seperti itu dapat menimbulkan sikap guru menjadi bertindak dan berbuat sekehendaknya saja, hal ini terlihat guru datang dan pulang ke sekolah tidak sesuai ketentuan jamnya, guru tidak peduli terhadap kemajuan lembaga, ia hanya peduli terhadap kewajiban pribadinya saja.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kinerja guru di SMA dan MA se Kota Palangka Raya

Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang menguji kausalitas (sebab-akibat) pengaruh antar variabel melalui pengujian hipotesis yang telah dirumuskan. Populasi penelitian adalah seluruh kepala sekolah dan guru SMA dan MA se Kota Palangka Raya dengan mengambil sampel penelitian 31 orang kepala sekolah dan 273 orang guru. Untuk menghitung validitas butir angket digunakan korelasi product moment dari Pearson. Uji hipotesis menggunakan proses perhitungan dengan pendekatan analisis regresi sederhana dan regresi berganda dengan bantuan program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 50,60%, (2) budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 46,4%, (3) gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 79,3%, selebihnya sebesar 20,7% kinerjaa guru ditentukan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian.

ABSTRCT

The principal is the highest leadership in a school institution that plays an important role in improving the performance of teachers in the school. The results of initial observations indicate the principal still acting authoritatively by taking policy of its own without involving teachers. In appointing the implementation of certain tasks principals tend to appoint people trust without seeing capacity and expertise. This may give the impression that less well to subordinates so as to establish a culture that contribution the attitude and performance of teachers. As a result of the principal's leadership as it could lead to attitudes of teachers be done arbitrarily, it is seen teachers come and go out of order, teachers do not care about the progress of the institution, he only cares about his personal obligations.

This study aimed to analyze and test the contribution of the principal's leadership style and organizational culture on performance of Senior High School and Islamic Senior High School teachers throughout the city of Palangkaraya .

The approach research is quantitative research to test the causality (cause) the influence between variables by testing the hypothesis that has been formulated. Population research is all principals and teachers Senior High School and Islamic Senior High School throughout the city of Palangka Raya by taking a sample of 31 principals and 273 teachers. To calculate the validity of the questionnaire used Pearson product moment correlation. Hypothesis testing using the calculation process with regression analysis approach is simple and multiple regressions with SPSS program.

The results showed that; (1) Principal leadership styles have a significant contribution on the performance of teachers with a contribution of 50.60%, (2) organizational culture significantly influence the performance of teachers with a contribution of 46.4%, (3) principal leadership style and organizational culture have a significant contribution on the performance of teachers with a contribution of 79.3%, the remaining 20.7% of teacher performance is determined by other factors outside the research.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan; budaya organisasi; kinerja;leadership style; organizational culture; performance
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 05 Sep 2017 09:15
Last Modified: 05 Sep 2017 09:15
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/759

Actions (login required)

View Item View Item