Penerapan keterampilan proses sains (KPS) dalam perangkat praktikum terhadap hasil belajar siswa pada materi hHkum Newton

Hadi, Samsul (2016) Penerapan keterampilan proses sains (KPS) dalam perangkat praktikum terhadap hasil belajar siswa pada materi hHkum Newton. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Aktivitas siswa saat penerapan keterampilan proses sains dalam perangkat praktikum pada materi hukum newton, (2) Aktivitas guru saat penerapan keterampilan proses sains dalam perangkat praktikum pada materi hukum newton, dan (3) Hasil belajar siswa setelah penerapan keterampilan proses sains dalam perangkat praktikum pada materi hukum newton.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model rancangan sampling purposive. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif siswa, dan lembar pengamatan aktivitas siswa dan guru. Butir soal tes hasil belajar berjumlah 40 soal yang valid 33 dan 7 soal yang tidak valid dengan tingkat reliabilitas soal 0,93 kategori sangat kuat. Populasi penelitian adalah kelas VIII semester 1 MTs darul amin Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017, sampel penelitian adalah kelas VIIIB berjumlah 26 orang siswa. Analisis data pretest dan postest menggunakan microsoft excel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas siswa dengan persentase rata-rata 78,8% kategori baik (2) aktivitas guru dengan persentase rata-rata 82,69% kategori baik (3) hasil belajar siswa dengan rata-rata sebesar 63,8 dan n-gain sebesar 0,41 dalam kategori sedang.

ABSTRACT

This study aims to determine (1) Activities of students while the application of science process skills in the lab on a matter of Newton's laws, (2) Activities teachers in the application of science process skills in the lab on a matter of Newton's laws, and (3) Student learning outcomes after implementation science process skills in the lab at newton's laws of matter.

This study used an experimental method with purposive sampling design model. The instrument used is the students' cognitive achievement test, and observation sheet activities of students and teachers. Achievement test items are 40 valid questions 33 and 7 are invalid matter with the level of reliability about 0.93 very strong category. The study population was half VIII class 1 MTs Darul Amen Palangkaraya School Year 2016/2017, the study sample was VIIIB class numbered 26 student. Pretest and post-test data analysis using Microsoft Excel.

The results showed that: (1) the activity of students with an average percentage of 78.8% both categories (2) the activities of teachers with an average percentage of 82.69% good category (3) the learning outcomes of students with an average of 63, 8 and n-gain of 0.41 in the medium category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterampilan proses sains; perangkat praktikum; hukum newton; metode eksperimen; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 15 Aug 2017 07:28
Last Modified: 15 Aug 2017 07:28
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/734

Actions (login required)

View Item View Item