Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi Kelas VIII Semester I Mts An-Nur Palangka Raya tahun ajaran 2016/2017

Rukmana, Siti Hardianti (2016) Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi Kelas VIII Semester I Mts An-Nur Palangka Raya tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak SH.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (634kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keterampilan proses sains siswa menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat, (2) Hasil belajar kognitif menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat, (3) Terdapat tidaknya hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sains terhadap hasil belajar kognitif, (4) Aktivitas siswa menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat, (5) Pengelolaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran sains teknologi masyarakat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian adalah kelas VIII Mts An-Nur Palangka Raya tahun ajaran 2016/2017, dan sampel penelitian adalah kelas VIII-B yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengelolaan pembelajaran, tes keterampilan proses sains dan tes hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan program Microsoft excel dan SPSS versi 18.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Keterampilan proses sains siswa menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat termasuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 58, (2) Hasil belajar kognitif menggunakan model pembelajaran pendekatan sains teknologi masyarakat pada materi pokok usaha dan energi secara klasikal dan individual dapat menuntaskan 38% siswa dan 62% siswa tidak tuntas (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sains terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,634 dalam kategori kuat (4) Aktivitas siswa menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat termasuk dalam kategori cukup baik dengan rata-rata sebesar 70,95% (5) Pengelolaan pembelajaran menggunakan pendektan sains teknologi masyarakat termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata sebesar 3,52.

ABSTRACT

This study aims to determine: (1) Skills science process students use scientific approaches to the technology community, (2) Results of cognitive learning using scientific approaches to the technology community, (3) There is absence of a significant relationship between science process skills against the cognitive learning, (4 ) Activity student uses scientific approaches to the technology community, (5) Management of the learning model of science learning technology community.

This study uses a quantitative approach using descriptive research with correlation type. The study population was class VIII MTs An-Nur Palangkaraya the academic year 2016/2017, and the sample is a class VIII-B selected by purposive sampling. The instruments used were sheets of managing learning, science process skills test and the test results of students' cognitive learning. Data analysis using Microsoft Excel and SPSS version 18.0 for Windows.

The results showed that: (1) Skills science process students use scientific approaches to community technology included in the medium category with an average score of 58, (2) the results of cognitive learning using learning model pendektan science society technology in the subject matter of effort and energy in the classical and individuals can accomplish 38% of students and 62% of students do not complete (3) There is a significant relationship between science process skills to the learning outcomes with a correlation coefficient of 0.634 in the strong category (4) Activity student uses scientific approaches to community technology included in the category quite well with an average of 70.95% (5) learning management using scientific approaches to community technology included in both categories with an average of 3.52

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan sains teknologi masyarakat; keterampilan proses sains; fisika; hasil belajar
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 14 Aug 2017 07:10
Last Modified: 14 Aug 2017 07:10
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/726

Actions (login required)

View Item View Item