Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dan Tipe TAI terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar peserta didik pokok bahasan gerak lurus

Hidayatullah, Cahya Ahmad (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dan Tipe TAI terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar peserta didik pokok bahasan gerak lurus. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi CA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) terdapat atau tidak perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TAI pada pokok bahasan gerak lurus, (2) hasil belajar afektif dan psikomotorik peserta didik pada pokok bahasan gerak lurus, (3) terdapat atau tidak perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TAI pada pokok bahasan gerak lurus, (4) terdapat tidaknya hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TAI pada pokok bahasan gerak lurus, (5) bagaimana pengelolaan pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TAI pada pokok bahasan gerak lurus.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan jenis penilitiannya menggunakan model rancangan nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif, lembar pengamatan sikap dan keterampilan, lembar pengamatan pengelolaan kelas dan angket kemandirian belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X semester I MAN Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017, dengan sampel penelitian adalah kelas X-MIPA 2 berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIPA 4 berjumlah 33 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data pretest dan posttest tes hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar peserta didik menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TAI, dengan nilai signifikansi posttest 0,782>0,05, (2) hasil belajar afektif dan psikomotorik peserta didik mengalami peningkatan pada tiap pertemuan, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TAI, dengan nilai signifikansi kemandirian akhir 0,008<0,05, (4) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TAI dengan nilai signifikansi >0,01, (5) Pengelolaan pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD termasuk dalam kategori baik dan pada model pembelajaran kooperatif tipe TAI termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata masing-masing sebesar 3,54 dan 3,82.

ABSTRACT

This research aimed to determine; (1) there is or not a significance difference between cognitive learners who obtain learning with cooperative learning model STAD and TAI type on the rectilinear motion subject. (2) effective learning results and psychomotoric aspects learners on the rectilinear motion subject, (3) there is or not a significance difference between the autonomous of learning learners who obtain learning with cooperative learning model STAD and TAI type on the rectilinear motion subject, (4) there is or not a significant correlation between autonomous learning towards students’ learning results that implemented cooperative learning model STAD and TAI type on the rectilinear motion subject. (5) how was the management of learning physics using cooperative learning model STAD and TAI type on the rectilinear motion subject.

This research used experimental methods and the research type was designed by nonequivalent control group design. The instrument used was a cognitive learning test results, attitude, skill, observation sheets and classroom management questionnaires and questionnaires of autonomous learning. The population of this research was the first semester of grade X State Islamic Junior High School Model Palangkaraya Academic year 2016/2017, the research sample was X-MIPA 2 totaling 35 people as experimental class and class X-MIPA 4 totaling 33 people as control group. Pretest and posttest data analysis test of cognitive learning results and autonomous learning used SPSS 17.0 version for Windows.

The research results show that: (1) there is no significant difference between cognitive learning outcomes learners who taught with cooperative learning model STAD types and types of TAI, with the value of the significance of posttest 0,782>0.05, (2) affective learning results and psychomotoric aspects learners have increased on each meeting, (3) there is a significant difference between the autonomous learning who taught with cooperative learning model STAD types and types of TAI, with the value of the significance autonomous of the end0,008<0.05, (4) there is no significant relationships between the autonomous learning of cognitive learning outcomes learners using the cooperative learning model STAD types and types of TAI with the value of the significance of >0.01, (5) management of physics learning using the cooperative learning model including into good category STAD types and on the types of cooperative learning model TAI including in good category with the average value of each of 3.54 and 3,82.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Student Team Achivement Division; team assisted individualization; kemandirian belajar; gerak lurus; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:20
Last Modified: 10 Aug 2017 07:20
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/710

Actions (login required)

View Item View Item