Penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pesawat sederhana di Kelas VIII MTs An-Nur Palangka Raya

Mariati, Mariati (2016) Penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pesawat sederhana di Kelas VIII MTs An-Nur Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap materi pesawat sederhana melalui penerapan model pembelajaran CLIS, (2) peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pesawat sederhana melalui penerapan model pembelajaran CLIS, (3) pengelolaan pembelajaran fisika pada pokok bahasan pesawat sederhana melalui model pembelajaran CLIS.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penilitiannya adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes berpikir kreatif, tes hasil belajar kognitif siswa dan lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran. Hasil analisis reliabilitas butir soal uji coba instrumen tes hasil belajar kognitif diperoleh sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan reliabilitas tes berpikir kreatif diperoleh 0,46 dengan kategori cukup.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII semester I di MTs AN-Nur Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016 dan sampel penelitian adalah kelas VIIIB berjumlah 26 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan rata-rata nilai berpikir kreatif siswa sebelum diterapkan model pembelajaran CLIS adalah 23,48 dengan kategori sangat kurang kreatif dan rata-rata nilai berpikir kreatif siswa sesudah diterapkan model pembelajaran CLIS adalah 57,05 dengan kategori kurang kreatif. Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan model pembelajaran CLIS, yaitu dapat terlihat dari hasil N-Gain rata-rata adalah 0,45 dengan kategori sedang. (2) nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran CLIS adalah 35,40 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran CLIS adalah 71,25. Hal ini menunjukan bahwa tejadi peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran, yaitu dapat terlihat dari hasil N-gain rata-rata adalah 0,56 dengan kategori sedang. (3) persentase nilai rata-rata pengelolaan pembelajaran secara keseluruhan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran CLIS adalah 3,26 dengan kategori cukup baik. Pengelolaan pembelajaran pada setiap pertemuan mengalami peningkatan dengan cukup baik, yaitu untuk RPP I adalah 2,58 dengan kategori cukup baik, RPP II adalah 3,45 dengan kategori cukup baik dan RPP III adalah 3,74 dengan kategori baik.

ABSTRACT

The study aimed to determine (1) the ability of creative thinking of student to the material aircraft simple through the aplication of learning models CLIS, (2) the learning outcomes of student on the subject of aircraft simple through the aplication of learning model CLIS, (3) the management of learning physics in prinsipal flight discussion aircraft simple through the aplication of learning model CLIS.

The study belonged to a quantitative approach with the descriptive type. The instrument used was a test of creative thinking, the test result of student cognitive learning and learning management observation sheets. The result of reliability analysis items trials og cognitive achievement test obtained was 0.71 with high category and realibility test of creative thiking with a 0.46 earned enough category.

The population in the study was the first semester in VIII class at MTs An-Nur Palangka Raya 2015/2016 academic year and the simple was VIIIB class numbered 26 students.
The result showed that (1) the ability of the average value of creative thinking of students before the CLIS applied learning model was 23.48 with very less creative category and the average value of creative thinking of student after CLIS applied learning model was 57.05 with less creative category. It can be shown that an increase in creative thinking abilities of students after CLIS applied learning model, which can be seen from the results of the N-gain average was 0.45 with medium category. (2) the average value of student learning outcomes before applied learning models CLIS was 35.40 and the average value of student learning outcomes after aplication of learning model CLIS is 71.25. it can be seen thet occurs improving student learning outcomes after aplication of learning models, which can be seen from the result of the N-gain average was 0.56 with medium category. (3) the persentage of the average value of the overall management of learning by using learning model aplication CLIS was 3.26 with a category quite well. Learning management at eahch meeting ad increased quite well, which was to the first lesson plan was 2.58 with good enough category, and the second lesson plan was 3.45 with a good enough category, and the third lesson plan was 3.74 with good category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Children Learning In Science (CLIS); berpikir kreatif; hasil belajar; pesawat sederhana; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 10 Aug 2017 04:28
Last Modified: 10 Aug 2017 04:28
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item View Item