Heriyanto, Cici (2016) Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pokok bahasan pesawat sederhana di MTs An-Nur Kelas VIII Semester I Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Skripsi CH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas guru dengan menggunakan metode eksperimen pada pokok bahasan pesawat sederhana. (2). Aktivitas siswa dengan menggunakan metode eksperimen pada pokok bahasan pesawat sederhana. (3). Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran eksperimen pada pokok bahasan pesawat sederhana. (4). Peningkatan berpikir kreatif siswa setelah penerapan metode pembelajaran eksperimen pada pokok bahasan pesawat sederhana.
Penelitian ini menggunakan metode Pre- experiment dengan rancangan desain “one-group pretest-posttest design” Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru dan siswa, tes hasil belajar dan tes berpikir kreatif. Hasil uji coba tes hasil belajar (THB) mendapat reliabilitas 0,82 dengan kategori sangat kuat dan hasil uji coba tes berpikir kreatif (TBK) mendapat reliabilitas 0,23 dengan kategori rendah. Populasi sampel penelitian ini adalah kelas VIII-A semester I MTs An-Nur Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah 28 orang siswa. Instrumen tes berjumlah 24 butir soal pilihan ganda (THB) dan 4 butir soal uraian (TBK). Analisis data pretest dan postest pada tes hasil belajar dan hasil berpikir kreatif siswa dianalisis menggunakan Microsoft Excel 2010 dan mengunakan program SPSS versi 18.0 for windows.
Hasil penelitian diperoleh: (1) Penilaian aktivitas guru pada pembelajaran fisika dengan metode eksperimen pokok bahasan pesawat sederhana memiliki nilai rata-rata 80,20% kategori baik. (2). Penilaian aktivitas siswa pada pembelajaran Fisika dengan metode eksperimen pokok bahasan pesawat sederhana memiliki nilai rata-rata 75,38% dengan kategori cukup baik. (3). Nilai peningkatan (N-Gain) hasil belajar siswa kognitif pembelajaran fisika dengan menggunakan metode eksperimen pokok bahasan pesawat sederhana dengan rata-rata keseluruhan sebesar 0,50 termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan hasil uji analisis hipotesis didapat sig. 0,00 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa antara pretest dan posttest yang diuji ternyata memiliki perbedaan yang signifikan. (4). Nilai peningkatan (N-Gain) berpikir kreatif siswa kognitif pembelajaran fisika dengan menggunakan metode eksperimen pokok bahasan pesawat sederhana dengan rata-rata keseluruhan sebesar 0,40 termasuk dalam kategori sedang, Sedangkan hasil uji hipotesis didapat sig. 0,00 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa antara pretest dan posttest yang diuji ternyata memiliki perbedaan yang signifikan.
ABSTRACT
This research was motivated by several things, among others: Information obtained in Mts. Annur Palangkaraya that the school is very rarely used method of learning experiments.
The study aimed to determine: (1) the activities of teachers using the experimental method on the subject of a simple plane. (2) The student activity by using the experimental method on the subject of a simple plane. (3) Improving student learning outcomes after using the experimental method on the subject of a simple plane. (4) An increase in creative thinking of students after the implementation of experimental learning method on the subject of a simple plane.
The study belonged to pre-experiment with the design of "one-group pre-test post-test design". The research instrument used was the teacher and student activity sheets, achievement test, and test creative thinking. The results of trials studying for a test result of 0.23 reliability with low category. The sample population of this study was a class VIII-A at Mts Annur Palangkaraya in the first half of the academic year 2015/2016 the number of 30 students. The instrument test consisted of 24 multiple choice items and 4 items essay. The analysis of the data pre-test and post-test on the learning outcomes and the results were analyzed the student's thinking using Microsoft Exel 2010 and SPSS version 18.00 for windows.
The results were obtained: (1) the teacher activity in assessing learning physics with experimental method experimental subject of a simple plane has an average value of 83.13 with good categories. (2) An assessment of the learning activities of students in physics with experimental methods of experimental subject’s simple plane has an average value of 74.38% with good categories. (3) The increased value (N-Gain) student learning outcomes of cognitive learning methods of experimental physics with experimental subject of a simple plane has an average value of 0.50 overall in medium category. While the test results obtained sig. hypothesis analysis. 0,00 < 0,05 this indicates that the pretest and posttest were tested turned out to have significant differences. (4) the increased value (N-Gain) creative thinking of students cognitive learning methods of experimental physics with experimental subject of a simple plane has an average value of 0.40% overall in medium category. While the test results obtained sig hypothesis analysis. 0,00 < 0,05 this indicates that the pretest and posttest were tested turned out to have significant differences.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode eksperimen; aktivitas guru; berpikir kreatif; hasil belajar; pesawat sederhana; fisika |
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 02:54 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 02:54 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/700 |
Actions (login required)
View Item |