Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada Materi Pokok Hukum Newton di SMP NU Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016

Anita, Anita (2016) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada Materi Pokok Hukum Newton di SMP NU Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Kajian Pustaka.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Hasil Penelitian.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Kesimpulan.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas guru dan siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hukum Newton. (2) peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hukum Newton. (3) peningkatan yang signifikan keterampilan proses sains siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hukum Newton.

Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Instrument yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, tes hasil belajar kognitif siswa dan tes keterampilan proses sains siswa. Populasi penelitian adalah kelas VIII semester 1 SMP NU Palangka Raya, sampel penelitian juga siswa kelas VIII yang berjumlah 31 orang. Analisis data pretest dan posttest THB Kognitif dan keterampilan proses sains siswa menggunakan program SPSS versi 18.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktifitas guru selama pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok hukum Newton termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata sebesar 35,33 (88,33%). Sedangkan aktifitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok hukum Newton termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata sebesar 36,67 (76,39%). (2) Nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 75,45 dan N-Gain sebesar 0,53 dengan kategori sedang. Analisis hipotesis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok hukum Newton dengan Sig. 0,000  0,05 maka hasil pengujian Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 66,05 dan N-Gain sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Analisis hipotesis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok hukum Newton dengan Sig. 0,000  0,05 maka hasil pengujian Ho ditolak dan Ha diterima.

ABSTRACK

This study is aimed to know: (1) activity of teacher and student during learning using model of guided inquiry in Newton law material. (2) The raising of student's cognitive outcomes after learning using model of guided inquiry in Newton law material. (3) The raising of the scientific process skill of students after learning using model of guided inquiry model in Newton law material.

This study used pre-experimental methods and types using a one-group pretest-posttest design. The instrument used is the observation sheet of teacher activities and student activities, students cognitive achievement test and scientific attitude of students test. Population of the study there were class VIII first semester of SMP NU Palangka Raya and sample of the study there were class VIII too the total number was 31 students. The data analysis of pretest and posttest THB cognitive and process science skill used SPSS 17.0 for windows.

The result of the study showed: (1) activity of teacher during learning using model of guided inquiry in Newton law material includes very good category with the average score 35,33 (88,33%), while activity of student during learning using guided inquiry model in Newton law material includes good category with the average score 36,67 (76,39%). (2) the average score of student’s cognitive outcomes using model of guided inquiry is 75,45. the hypothesis test analysis showed that there is significant raicing of student’s cognitive outcomes after learning using model of guided inquiry in Newton law material with sig. 0,000  0,05 then the outcomes of testing showed Ho rejected and Ha acceptance. (3) the average score of the scientific process skill of students using model of guided inquiry is 66,05. the hypothesis test analysis showed that there is significant raicing of the scientific process skill of students after learning using model of guided inquiry in Newton law material with sig. 0,000  0,05 then the outcomes of testing showed Ho rejected and Ha acceptance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing; belajar; Hukum Newton; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 09 Aug 2017 02:35
Last Modified: 09 Aug 2017 02:35
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/699

Actions (login required)

View Item View Item