Studi Tentang Aspirasi Pendidikan dan Motivasi Belajar Serta Hubungannya dengan Prestasi Belajar Siswa kelas II MTsN Palangkaraya

Syahdian, Syahdian (1993) Studi Tentang Aspirasi Pendidikan dan Motivasi Belajar Serta Hubungannya dengan Prestasi Belajar Siswa kelas II MTsN Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
106_SYAHDIAN_8815003822_1993.pdf

Download (12MB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya, salah satu lembaga peneyelenggara pendidikan tingkat pertama yang didalamnya terdapat pelajaran agama paling sedikit 30% disamping mata pelajaran umum.

Penelitian yang dilakukan di MTsN ini bertujuan un-tuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara aspirasi pendidikan terhadap prestasi belajar pada kelompok mata pelajaran agama, serta antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada kelompok mata pelajaran agama siswa pada tahun ajaran 1992/1993.

Populasi dalam penelitian ini berdasarkan pada bebe-rapa pertimbangan dipilih siswa kelas II MTSN Palangka-raya yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 182 orang. Dari jumlah tersebut diambil sebagai sampel 50% dari masing-masing kelas, sehingga sampelnya berjumlah 90 orang yang merupakan objek dalam penelitian ini.

Dalam penelitian ini melibatkan dua jenis ubanan,yaitu ubahan bebas dan ubahan tergantung. Sebagai ubahan bebas dipilih aspirasi pendidikan dan motivasi belajar, data diambil dengan menggunakan koesioner. Sebagai ubahan tergantung adalah prestasi belajar kelompok mata pelajaran agama yang diambil dari nilai semester genap pada tahun ajaran 1992/1993.

Berdasarkan hipotesis yang diajukan maka dalam analisa data pengujian hipotesis digunakan analisa statistik korelasi. Hasil analisa menunjukkan untuk hipote-sis nomor 1 dan 2 adalah tidak terdapat atau tidak ada koefisien korelasi masing-masing r =0,025 dan r = 0, 105 , hasil uji keberartian menunjukkan bahwa kedua koefisien korelasi tersebut signifikan pada taraf 0,05 (1,990).

Pengujian hipotesis ketiga digunakan analisa statistik korelasi ganda dengan tiga variabel, yang dilanjutkan dengan uji keberartian koefisien korelasi de-ngan uji F, didapat R= 0,105 signifikan pada taraf 0,05. (F tabel 2,95) 2,9.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Motivasi Belajar; Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: marina marina daniaty
Date Deposited: 11 Dec 2025 07:13
Last Modified: 11 Dec 2025 07:17
URI: https://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/6044

Actions (login required)

View Item View Item