Efektivitas Pemanfaatan Siaran Pendidikan Sekolah (STVPS) Melalui ΤΡΙ Dalam Rangka Menunjang Penguasaan Siswa Terhadap Materi Pelajaran Bidang Studi IPA pada SMA Kodya Palangkaraya

Purwanto, Heri (1993) Efektivitas Pemanfaatan Siaran Pendidikan Sekolah (STVPS) Melalui ΤΡΙ Dalam Rangka Menunjang Penguasaan Siswa Terhadap Materi Pelajaran Bidang Studi IPA pada SMA Kodya Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
078_HERI PURWANTO_8815003831_1993.pdf

Download (10MB)

Abstract

Media pendidikan senantiasa berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Produk teknologi komunikasi seperti televisi telah membawa suasana baru dunia pendidikan di tanah air. Kehadiran Televisi Pendidikan Indonesia diharapkan menunjang keberhasilan belajar siswa di luar jam sekolah.

Siaran Televisi Pendidikan Sekolah (STVPS) merupakan program tetap TPI untuk membantu para siswa SMP dan SMA memahami pelajaran di sekolah. Siaran ini diantaranya memuat bidang studi IPA (fisika, kimia dan biologi) yang selama ini masih diangggap pelajaran sulit.

Signifikansi penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan antara efektifitas pemanfaatan siaran pendidikan sekolah TPI dengan tingkat penguasaan materi pelajaran bidang studi IPA pada siswa SMA Kotamadya Palangkaraya.

Permasalahan yang diajukan apakah terdapat korelasi positif antara kedua variabel tersebut, dengan harapan hasil penelitian ini berguna sebagai bahan informasi bagi para pengelola SMA (sore) di Palangkaraya dan menjadi bahan studi bagi peneliti selanjutnya.

Untuk mengkaji hubungan antara efektifitas pe-manfaatan siaran pendidikan sekolah TPI dengan penguasaan materi pelajaran IPA bagi siswa SMA Kodya Palangkaraya, digunakan teknik uji korelasi (r) dan untuk mengetahui signifikansi hasil penelitian dicari nilai t hitung kemudian dikonsultasikan dengan t tabel.

Para siswa dari lima SMA yang ada di Palangkaraya yaitu SMAN-1, SMA Muhammadiyah, SMA Isen Mulang, SMA Kristen, dan SMA Purnama menjadi obyek penelitian dengan sampel sebanyak 95 orang siswa, 20 orang guru IPA sebagai informan, juga Kepala Sekolah dan Kepala Tata Usaha.

Dari hasil pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, angket, interview dan dokumenter dapat diketahui bahwa pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelima SMA tersebut berjalan dengan baik, sedangkan tingkat efektifitas pemanfaatan siaran pendidikan sekolah TPI berada pada kategori "tinggi" sedang dengan nilai rata-rata 1,98 dan tingkat penguasaan materi pelajaran IPA berada pada kategori "sedang" dengan nilai rata-rata 6,61.

Adapun hubungan antara kedua variabel, setelah diadakan perhitungan diperoleh nilai r = 0, 47 dan ter-nyata t hitung 5,15 lebih besar daripada t tabel 1.99 pada taraf signifikansi 95% Jadi Ha diterima dan Ho ditolak, pada kedua variabel terdapat korelasi positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelajaran IPA; Siaran Pendidikan;Penguasaan Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: marina marina daniaty
Date Deposited: 22 Jul 2025 13:14
Last Modified: 22 Jul 2025 13:14
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/6009

Actions (login required)

View Item View Item