Pengaruh Perceraian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Sekelurahan Pahandut Kotamadya Palangka Raya

Badrun, Ali (1993) Pengaruh Perceraian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Sekelurahan Pahandut Kotamadya Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
071_ALI BADRUN_8815003783_1993.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetallui fak-tor penyebab terjadinya perceraian orang tua anak pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) se Kelurahan Pahandut Kotamadya Palangka Raya; (2) menguji adakah pengaruh per-ceraian orang tua terhadap prestasi belajar anak pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) se Kelurahan Pahandut Kotamadya Palangka Raya.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kausal kompratif, untuk mengetahui sebab akibat dari perbandingan antara variabel satu dengan variabel lainnya, yaitu antara pengaruh perceraian orang tua dengan prestasi belajar anak pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) se Kelurahan Pahandut Kotamadya Palangka Raya. Populasi seluruh anak dan orang tuanya bercerai pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) se Kelurahan Pahandut Kotamadya Palangka Raya. Dari kelima Madrasah ibdaiyah Swasta (MIS) yang dijadikan obyek penelitian tersebut terdapat sebanyak 58 orang anak dan orang tua yang bercerai, sedangkan sampel dalam penelitian ini digunakan sampel total, yaitu anak dan orang tuanya bercerai pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) se Kelurahan Pahandut Kotamadya Palangka Raya. Alat pengumpul data digunakan berupa observasi, pedoman wawancara, angket, dan dokunentasi. Sedangkan analisis data menggunakan uji statistik korelasional.

Dari hasil penelitian ini diperoleh : (1) faktor - faktor penyebab terjadinya perceraian adalah karena faktor ekonomi, pengaruh pihak lain, kurang pengertian, faktor penyelewengan; (2) hubungan antara perceraian orang tua terhadap prestasi belajar anak tidak terdapat korelasi, ini disebabkan faktor lain: (a) faktor indogen yaitu faktor yang berasal dari dalam diri anak, berupa kecerdasan, kesehatan, dan ketekunan yang mendukung dalam kegiatan belajar baik dirumah maupun disekolah; (b) faktor eksogen yaitu faktor yang berasal dari luar diri anak berupa dorongan dan perhatian orang tua yang cukup tinggi serta bimbingan guru disekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Anak; Perceraian Orang Tua
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: marina marina daniaty
Date Deposited: 21 Jul 2025 12:04
Last Modified: 21 Jul 2025 12:04
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/6002

Actions (login required)

View Item View Item