MS., Susanna (1993) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Tingkat Sekolah Dasar Melalui Sistem Guru Kunjung di Danau Bajawak Kelurahan Marang Kecamatan Bukit Batu Kotamadya Palangka raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
![]() |
Text
065_SUSSANNA M.S._8815003812_1992.pdf Download (13MB) |
Abstract
Upaya memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa telah banyak dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat, baik pendidikan sekolah maupun pendidikan luar sekolah mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi.
SD sistem guru kunjung di Danau Bajawak sebagai bagian dari, bentuk pendidikan dasar dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar melibatkan 5 orang tenaga pengajar yang terdiri dari 2 orang guru kunjung dan 3 orang tutor. Dari 2 orang guru kunjung ada 1 orang guru bidang studi pendidikan agama Islam, namun apakah guru kunjung yang langsung sebagai guru bidang studi pendidikan agama Islam mampu melaksanakan proses belajar mengajar dalam upaya menanamkan dasar-dasar ajaran Islam pada anak, sangat menarik untuk dipelajari dalam penelitian ini dengan pokok permasalahan bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam sistem guru kunjung di danau bajawak meliputi persiapan pengajaran, proses belajar mengajar, pelaksanaan evaluasi dan hasil belajar murid serta sarana dan prasarana pendidikan yang dimiliki.
Data penelitian ini diambil dari responden dan informan, yaitu murid 10 orang, oran guru kunjung bidang studi pendidikan agama Islam 1 orang, tutor, ditambah dengan kepala SDN Marang I, pengelola dan beberapa orang masyarakat sebagai pelengkap memperoleh data.
Tehnik pengumpul data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisa adalah analisis domain, taksonomis, komponensial dan analisis tema. Untuk pencermatan kesahihan hasil/temuan penelitian adalah dengan melakukan triangulasi, member chek dan menyusun hasil penelitian dalam bentuk tabel, interpretasi dan laporan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengajaran pendidikan agama Islam pada SD sistem guru kunjung di Danau Bajawak dapat dilaksanakan, baik persiapan pengajaran, metode pengajaran, proses belajar mengajar, pelaksanaan evaluasi, hasil belajar maupun sarana dan prasarana pendidikan, namun hasilnya belum memenuhi target yang ingin dicapai. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Kurikulum pendidikan agama Islam SD yang terdiri dari Ibadah, membaca Al-qur'an dan Akhlak belum dilaksanakan secara keseluruhan karena yang diajarkan selama cawu pertama tahun 1993/1994 hanya membaca al-qur'an.
2. Selama penelitian, guru pendidikan agama Islam membuat persiapan pengajaran secara tertulis, tidak tetapi yang waktu menit langsung menanyakaan kepada siswa batas materi telah dipelajari minggu yang lalu, sedangkan satu jam pelajaran 45 menit diterapkan hanya 30 yang digunakan untuk semua kelas (kelas I, II, IV dan V).
3. Evaluasi belajar mengajar dilaksanakan secara terus menerus yaitu diawal, pertengahan dan akhir pelajaran. Murid lebih menyukai tes lisan karena rata-rata belum mampu memahami bahasa Indonesia, ini terjadi pada kelas rendah yaitu kelas I dan kelas II.
4. Secara kualitas kemampuan memahami dan mengenal baca tulis al-qur'an yang diajarkan pada masing-masing kelas sangat minim sebab dari 6 jilid buku metode Iqra yang diajarkan dan harus dikuasai oleh murid ternyata hanya mampu mengenal satu sampai tiga huruf hijsiyah bagi kelas I dan kelas II sedangkan kelas IV dan kelas V hanya mampu menggabungkan bacaannya antara dua sampai tiga huruf dengan mengeja pada buku metode Iqra jilid tiga.
5. Sarana dan prasarana pendidikan ter terdiri dari 1 buah kios belajar yang berisi 2 buah papan tulis, kursi, 9 buah meja, 1 buah lemari, 1 buah dinas dan beberapa lembar alat bantu mengajar. 19 buah kelotok
6. Kesimpulan akhir menunjukkan bahwa pelaksanaan pendi-dikan agama Islam pada SD sistem guru kunjung di Danau Bajawak masih jauh target yang ingin dicapai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru; Sistem Pengajaran;Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah |
Depositing User: | marina marina daniaty |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 10:28 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 10:28 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5995 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |