Pengaruh Sistem Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Pada SLTP Negeri Kodya Palangkaraya

Salamun, Salamun (1996) Pengaruh Sistem Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Pada SLTP Negeri Kodya Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
152_SALAMUN_NIM_8915005339_1995.pdf

Download (8MB)

Abstract

Sistem kepemimpinan kepala sekolah adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dalam rangka mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Salah satunya adalah meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar yang dilakukan guru.
Dalam penerapannya sistem kepemimpinan kepala sekolah antara SLTP Negeri kota madya Palangkaraya yang satu dengan yang lainnya tidaklah sama, Sehingga kadar pengaruh terhadap efektivitas proses belajar mengajar yang dilakukan guru dapat terjadi berbeda pula.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan sistem kepemimpinan kepala sekolah Dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar pada SLTP Negeri kotamadya Palangkaraya ?Apakah ada pengaruh penerapan sistem kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas proses belajar mengajar pada SLTP Negeri Kotamadya Palangkaraya?
Berdasarkan permasalahan yang ada, dugaan sementara penulis adalah; terdapat pengaruh penerapan sistem kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas proses belajar mengajar pada SLTP Negeri Kotamadya Palangkaraya.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ingin memperoleh data tentang penerapan sistem kepemimpinan kepala sekolah pada SLTP Negeri Kotamadya Palangkaraya ; ingin mengetahui hubungan antara penerapan sistem kepemimpinan kepala sekolah dengan efektivitas proses belajar mengajar pada SLTP Negeri Kotamadya Palangkaraya; ingin menganalisis pengaruh sistem kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru SLTP Negeri kota madya Palangkaraya.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka yang menjadi objek penelitian adalah guru-guru SLTP Negeri kota madya Palangkaraya dengan sampel sebanyak 70 orang guru. Data yang dikumpulkan dari objek penelitian di jaring dengan menggunakan observasi, Kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Selanjutnya data yang hasil dikumpulkan diperiksa di kode dan disajikan dalam bentuk tabel kemudian dianalisa dengan menggunakan perhitungan t.
Analisa yang dilakukan diketahui bahwa; Penerapan sistem kepemimpinan kepala sekolah Dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar pada slcp negeri kota madya Palangkaraya berjalan dengan baik. Ada pengaruh yang signifikan penerapan sistem kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas proses belajar mengajar pada SLTP Negeri kota madya Palangkaraya.
Berdasarkan hasil penelitian, di sahe; Kepala sekolah menjalankan sistem kepemimpinan secara terus-menerus sesuai dengan program, sehingga efektif belajar berkembang. Hendaknya kepala sekolah menjalankan sistem kepemimpinan berlangsung secara bijaksana, sehingga efektivitas proses belajar mengajar dapat berlangsung secara lugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: sistem kepemimpinan,efektifitas, belajar mengajar,SLTP Negeri Palangkaraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:26
Last Modified: 17 Jun 2025 01:26
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5917

Actions (login required)

View Item View Item