Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Sekecamatan Pahandut Kodya Palangkaraya

Yahya, M.Mucyar (1996) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Sekecamatan Pahandut Kodya Palangkaraya. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

[img] Text
173_M.MUCHTAR YAHYA_NIM_89 1500 5352_1996.pdf

Download (10MB)

Abstract

Dalam proses pendidikan keberadaan guru yang berkualitas sangat diperlukan dalam menunjang keberhasilan pendidikan itu sendiri. Dalam kaitan inilah Latar belakang pendidikan guru sangat menentukan keberhasilan proses belajar mengajar yang akan tercermin melalui prestasi belajar siswa, dari persoalan inilah penelitian ini dilakukan dengan judul pengaruh Latar belakang pendidikan guru terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Pahandut Kotamadya Palangkaraya.
Berdasarkan persoalan di atas maka pokok permasalahan Bagaimana latar belakang pendidikan guru bahasa Arab, Bagaimana prestasi belajar siswa bidang studi bahasa Arab, dan bagaimana pengaruh Latar belakang pendidikan guru terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Pahandut kota madya Palangkaraya. Dengan tujuan penulisan ingin mengetahui Latar belakang pendidikan guru Dan prestasi belajar siswa serta pengaruh Latar belakang pendidikan guru terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi bahasa Arab. Sedangkan hipotesis yang diajukan adalah; ada pengaruh yang positif antara Latar belakang pendidikan guru terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi bahasa Arab. Instansi terkait dan bahan studi bagi pendidik lebih lanjut.
Populasi yang diambil Dalam penelitian ini adalah MTS yang ada di kecamatan Pahandut yang berjumlah 5 Madrasah Tsanawiyah dengan jumlah siswa 10047 orang dan 9 orang guru bidang studi bahasa Arab. Sedangkan sampel yang diambil adalah khusus siswa kelas 2 dengan jumlah 360 siswa dan 6 orang guru bidang studi bahasa Arab sekaligus sebagai responden peneliti. Selanjutnya data diklasifikasikan menjadi data tertulis dan data tidak tertulis yang digali Melalui teknik observasi, wawancara, angket atau kuisioner dan dokumenter. Kemudian data yang berhasil dikumpulkan diolah dengan menggunakan tahapan-tahapan editing, coding, analitiing.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Latar belakang pendidikan guru bidang studi bahasa Arab terdiri dari sekolah yang ditempuh 2 diantaranya sekolah agama 66,66% s1/d-3 sarmut/ SLTA ke pendidikan 66,7%, pengalaman tambahan 83,3%, IP bahasa Arab sebanyak 2,2 - 2,5 = 83,3%. Dilihat dari pendidikan jurusan bahasa Arab bahwa semua guru bidang studi bahasa Arab di MTS se Kecamatan Pahandut Kotamadya Palangkaraya tidak ada yang berasal dari jurusan bahasa Arab. tingkat prestasi penguasaan bahasa Arab oleh siswa MTS Kecamatan Pahandut Kotamadya Palangkaraya pada semester ganjil 1994/1995 adalah mampu membaca bahasa Arab 62,2%, maupun menulis bahasa Arab 74,2%, kemampuan menterjemahkan bahasa Arab; kurang mampu 82,8%, nilai Hasil semester ganjil 1994/1995 nilai baik( 8-10) 13%, nilai cukup 6 - 7,9 82% dan nilai kurang( kurang dari 6) 5% jadi nilai mayoritas cukup.
Data diolah dengan menggunakan rumus korelasi kontingensi KK sama dengan dua kuadrat dibagi x2 kuadrat tambah n diketahui R = 0,279 berdasarkan perhitungan korelasi kontingensi atau KK diperoleh harga sama dengan 0,279 selanjutnya harga tersebut dikonsultasikan dengan R tabel produk moment. Kemudian Jika harga tersebut dikonfirmasikan dengan R tabel pada derajat kebebasan DP = n -2 = 360 -2 = 358, diperoleh angka pada tingkat kepercayaan 99% = 0,128 dan pada tingkat kepercayaan 95% = 0,098, maka ternyata sama dengan 0,279 lebih besar dari 0,098 bahkan lebih besar dari sama dengan 0,128 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Latar belakang pendidikan guru bidang studi bahasa Arab terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Pahandut Kotamadya Palangkaraya.
Dari hasil penelitian ini diharapkan bagi pihak yang berkompeten untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang studi bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Latarbelakang pendidikan,prestasi belajar,Madrasah Tsanawiyahse Kecamatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sudarmanto sudarmanto sudarmanto
Date Deposited: 17 Jun 2025 02:09
Last Modified: 17 Jun 2025 02:09
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5876

Actions (login required)

View Item View Item