Studi Perbandingan Prestasi Belajar Baca Tulis Al-Quran Antara Metode Bagdadiyah dan Metode Iqro' Pada MDA Hidayatul Muhajirin dan TPA Nurul Hikmah Palangka Raya

Rofi'i, Rofi'i (1992) Studi Perbandingan Prestasi Belajar Baca Tulis Al-Quran Antara Metode Bagdadiyah dan Metode Iqro' Pada MDA Hidayatul Muhajirin dan TPA Nurul Hikmah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palanga Raya.

[img] Text
057_ROFI'I_8615003860_1992.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan ditingkat dasar diantara-nya dilaksanakan oleh MDA Hidayatul Muhajirin dan TPA Nu-rul Hikmah Palangka Raya, yang didalamnya sama-sama memberi pelajaran bacatulis Al-Qur'an.

Dua jenis lembaga pendidikan diatas adalah perbedaan prestasi baca tulis Al-Qur'an siswa dimana karena dua lembaga tingkat dasar tersebut berbeda pemakaian metode mengajarnya. Sehingga dalam penelitian ini diusahakan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar baca tulis Al-Qur'an siswa MDA Hidayatul Muhajirin dan TPA Nurul Hikmah Palangka Raya, tahun ujaran 1991/1992.

Dalam mempelajari masalah diatas, maka diteliti se banyak 92 siswa yaitu 60% dari 153 siswa LADA Hidayatul Muhajirin dan TPA Nurul Hikmah Palangka Raya, tahun ajaran 1991/1992. Data-data dikumpulkan dengan menggunakan tehnik Observasi, interview, Quissioner, dokumenter dan tes bacatulis serta ditunjang dengan data-data yang diperoleh dari guru, kepala sekolah, TU dan wali kelas.

Untuk menguji ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa dengan menggunakan rumus:
t = Y SDOM
Keterangan:
= Mean dari sampel X
MY = Mean dari sampel Y
SDM = Standar kesalahan perbedaan mean.

Dengan hasil

t hit (2,025) t tab (1,66) Untuk bidang baca Al-Qur'an, sedangkan untuk bidang tulis Al-Qur'an adalah t hit (2,879) > t tab (1,66) dan untuk bacatulis Al-Qur'an t hit (0,741) < t tab (1,66) . Masing masing pada taraf signifikansi 5% yang berarti ada per bedaan prestasi belajar siswa dibidang baca Al-Qur'an dan dibidang tulis Al-Qur'an Pada MDA Hidayatul Muhajirin dan TPA Nurul Hikmah Palangka Raya, tahun ajaran 1991/1992.

Kemudian setelah nilai baca dan nilai tulis digabung untuk masing-masing sekolah untuk dicari nilai rata-rata, lalu diuji dengan uji t dengan hasil: thit (0,741)<ttab (1,66) pada taraf signifikansi 5 %, maka tidak ada perbedaan prestasi belajar bacatulis Al-Qur'an siswa antara siswa yang diajar dengan metode Bagdadiyah pada MDA Hidayatul Muhajirin dan siswa yang belajar dengan metode Iqro pada TPA Nurul Hikmah Palangka Raya, tahun ajaran 1991/1992.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar;Baca Tulis; Al- Qur'an
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
TAJUK SUBJEK ISLAM > Filsafat dan Perkembangan > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 09 Feb 2025 02:34
Last Modified: 09 Feb 2025 02:34
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5750

Actions (login required)

View Item View Item