Pengaruh Kerjasama Antara Orang Tua dengan Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangka Raya

H. Usman, Masruni (1992) Pengaruh Kerjasama Antara Orang Tua dengan Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palanga Raya.

[img] Text
052_MASRUNI H. USMAN_8715023914_1992.pdf

Download (10MB)

Abstract

Di dalam kegiatan pendidikan, selalu diupayakan aktivitas yang memacu ke arah pencapaian tujuan dan cita- cita pendidikan itu sendiri, yaitu menjadikan manusia yang berkualitas. Untuk pencapaian tujuan tersebut, di mulai dengan kegiatan meningkatkan aktivitas belajar anak (siswa) agar mencapai prestasi yang lebih tinggi. Oleh karena kegiatan pendidikan itu bukan hanya dilakukan oleh guru di sekolah saja, namun juga dilakukan оleh orang tua di lingkungan rumah tangga. Kedua-duanya, mempunyai tujuan yang sama, yaitu mendewasakan anak yang bertanggung jawab dan berguna bagi masyarakat. Untuk memacu kepada prestasi belajar anak, maka penting sekali adanya hubungan kerjasama yang baik antara orang tua dengan guru.

Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kerjasama antara orang tua dan guru serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa, dirasa perlu adanya penelitian ini. Keperluan penelitian ini, adalah untuk menjawab, adakah hubungan kerjasama antara orang tua dengan gan guru dan sejauhmana pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa pada MTs.N Palangkaraya.

Dengan diketahui adanya hubungan kerjasama tersebut dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa, maka pe- nelitian ini akan mempunyai arti yang berguna sebagai bahan informasi bagi semua pihak terkait, di dalam pe- ningkatan prestasi belajar anak (siswa).

Setelah penulis mengadakan penelitian pada MTsN Palangkaraya melalui metode observasi, dokumenter, wawan- cara kepada Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha dan guru- guru serta angket kepada 63 orang tua siswa, maka dapat diketahui melalui perhitungan nilai korelasi 0,72 yang berarti terdapatnya hubungan kerjasama yang kuat antara orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini di- nyatakan pula dengan perhitungan t hit yang menunjukkan nilainya lebih besar dari nilai t tabel, (t hit 10,63 >t tabel 2,65) dengan taraf kepercayaan 99%.

Adapun pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa, dapat diketahui melalui perhitungan Cara Kuadrat Terke- cil, dimana nilai X 1,26 dan Y 0,59 yang berarti setiap adanya kenaikan 1 satuan X, menyebabkan kenaikan pada Y (0,59 1,26) = 1,85. Hal tersebut dapat pula dinyata kan melalui perhitungan Kai Kuadrat yang nilainya 9,777 lebih besar dari x2 tabel 7,815 pada taraf kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Siswa;Orang Tua
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 26 Jan 2025 12:35
Last Modified: 26 Jan 2025 12:35
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5736

Actions (login required)

View Item View Item