Hartati, Lisna (1998) Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Anak Di Lingkungan Rumah Tangga Masyarakat Pelabuhan Rambang Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
277_LISNA HARTATI_9115011696_1998.pdf Download (7MB) |
Abstract
Perhatian orang tua di lingkungan rumah tangga menunjukkan keterlibatan mereka dalam perbuatan maupun tingkah laku, dalam membimbing, mendidik dan membentuk kepribadian anak secara menyeluruh, termasuk kedisiplinan belajar anak di lingkungan rumah tangga. Namun apakah dalam pelaksanaan kedisiplinan belajar tersebut ada keterlibatan, perbuatan maupun tingkah laku orang tua dalam melaksanakan kedisiplinan belajar anak di lingkungan rumah tangga, mendorong peneliti untuk meneliti dengan judul Pengaruh Perhatian Orang tua terhadap Kedisiplinan Belajar Anak di lingkungan Rumah tangga Masyarakat Pelabuhan Rambang Palangkaraya.
Permasalahan sekaligus merupakan tujuan dari penelitian ini adalah ada tidaknya pengaruh orang tua terhadap kedisiplinan belajar anak di lingkungan rumah tangga masyarakat Pelabuhan Rambang, dan bagaimana perhatian orang tua terhadap kedisiplinan belajar anak di lingkungan rumah tangga masyarakat Pelabuhan Rambang Palangkaraya.
Untuk menjawab permasalahan di atas sekaligus memenuhi tujuan yang ingin dicapai, dikumpulkan data-data yang berhubungan dengan permasalahan digunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner sedangkan yang menjadi populasi dalam penelitian ini orang tua yang mempunyai anak di SD/MI dan SMP/MTs berjumlah 54 orang tua dan anak 86 orang, kemudian digunakan teknik porposive sampling yaitu menetapkan bahwa orang tua yang menjadi sampel adalah mempunyai anak bersekolah di SD/MI kelas V. VI dan SMP/MTs, berjumlah 30 orang tua dan 45 orang anak, sampel anak diambil 1 (satu) orang setiap keluarga, jika satu keluarga terdapat anak dua atau lebih, maka dilakukan random sampling untuk memilih satu diantaranya sehingga jumlah anak yang dijadikan sampel sebanyak 30 orang.
Data yang terkumpul dianalisa sehingga diketahui skor peranan orang tua di lingkungan rumah tangga bagi kedisiplinan belajar anak yaitu 2,71 dan dikatagorikan baik, sedangkan kedisiplinan belajar anak di lingkungan rumah tangga masyarakat Pelabuhan Rambang Palangkaraya yaitu 2,6 dan dikatagorikan baik. Untuk mencari pengaruh digunakan rumus r product moment = 0,71 dan dilanjutkan yang menunjukkan adanya korelasi yang tinggi. Untuk mengetahui signifikan hasil perhitungan digunakan rumus uji t hitung, yaitu t hit = 5,35 dan taraf signifikan 1% 2,76 dan taraf signifikan 5% = 2,05. Hal ini berarti ada peranan yang signifikan antara orang tua terhadap kedisiplinan belajar anak di lingkungan rumah tangga masyarakat Pelabuhan Rambang Palangkaraya.
Kemudian untuk menguji semakin baik perhatian orang tua, maka semakin tinggi kedisiplinan belajar anak di lingkungan rumah tangga digunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan Y = a + b (X). a = 0,36 dan b=0.83, maka ditarik garis Y = 0,36 0,83 (1) dimana setiap kenaikan satu satuan X akan menyebabkan kenaikan Y atau sama dengan 1,19 dan seterusnya. Hal ini menunjukkan adanya peranan orang tua terhadap kedisiplinan belajar anak di lingkungan rumah tangga masyarakat Pelabuhan Rambang Palangkaraya atau semakin baik peranan orang tua maka semakin tinggi kedisiplinan belajar anak di lingkungan rumah tangga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin, Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 06:42 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 06:42 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5692 |
Actions (login required)
View Item |