Pengaruh Lingkungan Pemukiman Kumuh Terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya di Sekitar Danau Seha

Sholihah, Tutut (1990) Pengaruh Lingkungan Pemukiman Kumuh Terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya di Sekitar Danau Seha. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
034_TUTUT SHOLIHAH_8815033928_1990.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini mengamukakan permasalahan tentang latar belakang yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Palangkaraya dalam hal ini adalah siswa yang bertempat tinggal di lingkungan pemukiman kumuh.

Hal ini bertolak dari anggapan dasar bahwa: Lingkungan mana siswa bertempat tinggal sangat berpengaruh terhadap di prestasi belajar di sekolah. Kemudian dirumuskan dalam Hipotesis yang akan diuji yaitu: "Ada hubungan yang kuat antara lingkungan pemukiman kumuh dengan prestasi belajar siswa dan semakin kumuh pemukiman semakin rendah prestasi belajar siswa".

Penelitian ini diharapkan berguna bagi penentu kebijaksanaan, lembaga lembaga kependidikan, orang tua, siswa dan guru dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar, agar supaya siswa dapat memperoleh prestasi belajar yang lebih baik.

Populasi penelitian adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah yang bertempat tinggal di lingkungan pemukiman kumuh sebanyak 184 siswa terdiri dari 6 lokasi. Sedangkan sampelnya terdiri dari 25% dengan setiap lokasi terwakili.

Data dikumpulkan dengan menggunakan beberapa teknik Obesrvasi, Wawancara mendalam, Dokumenter dan Wawancara yang menggunakan Kuesioner sebagai pedoman. Setelah data terkumpul lalu dianalisa dengan teknik analisa Kualitatif dan Kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara lingkungan pemukinan dengan prestasi belajar siswa karena (r= 0,495 0,291 > 0,276 atau r t 5% > t 1) juga semakin kumuh lingkungan di mana siswa bertempat tinggal semakin rendah prestasi belajar siswa.

FDari hasil temuan dalam penelitian, telah dikemukakan beberapa saran baik untuk siswa maupun pendidik yang terkait antara lain belajar dengan sistim Siswa Kunjung dan Tutor Sebaya, dengan maksud siswa dapat memperoleh prestasi yang seoptimal mungkin, tanpa terganggu oleh lingkungan yang kurang menunjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prestasi; Belajar; Siswa MTsN Palangkaraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 13 Jan 2025 04:44
Last Modified: 13 Jan 2025 04:44
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5691

Actions (login required)

View Item View Item