Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang studi Pendidikan Agama Islam Pada SMEA Negeri I Palanagka Raya

Fachruddin, Fachruddin (1990) Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang studi Pendidikan Agama Islam Pada SMEA Negeri I Palanagka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
009_FACHRUDDIN_8715013910_1990.pdf

Download (10MB)

Abstract

Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) Negeri Palangka Raya adalah salah satu sekolah kejuruan yang bertujuan untuk menyiapkan tenaga kerja terampil yang siap pakai sebagaimana diinginkan pemerintah dan masyarakat. Dalam proses belajar mengajar pada sekolah tersebut keberadaan pendidikan agama adalah salah satu bidang studi yang dipelajari siswa.

Keberhasilan pendidikan agama bagi siswa di sekolah perlu dihubungkan dengan pengaruh pendidikan dalam lingkungan keluarga, terutama yang menyangkut disiplin orang tua dalam menjalankan ibadah perhatian orang tua terhadap perkembangan dan pengamalan pendidikan agama di sekolah serta kemampuan orang tua dalam memenuhi sarana belajar. Dengan demikian jelas bahwa lingkungan keluarga dan prestasi belajar siswa merupakan dua hal yang saling ada hubungan dan berpengaruh.

Untuk melihat sejauhmana hubungan dan pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi pendidikan agama, dilakukan penelitian ini pada SMEA Negeri I Palangka Raya.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang beragama Islam adalah sebanyak 498 orang yang tersebar di kelas I, II dan III. Untuk memudahkan proses penelitian ini, sasaran penelitian ditujukan kepada siswa yang beragama Islam pada kelas I dan II dengan mengambil contoh sebesar 15%, sehingga diperoleh contoh pada kelas I 37 orang dan kelas II 38 orang. berjumlah 75 orang. Disamping itu kelengkapan data diperoleh dari 3 orang guru agama Islam, 1 orang Kepala Sekolah dan orang Kepala Urusan Tata Usaha yang 1 dijadikan informan. Adapun proses penggalian dilakukan melalui observasi, wawancara, angket studi data dan dokumenter. Sedangkan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji hipotesa dengan rumus Chi square dan rumus KK. dan untuk mengetahui ditingkatan mana korelasi itu berada maka rumus-rumus tersebut dimasukkan dalam interprestasi korelasi.

Hasil penelitian dan uiji hipotesa ini memperlihatkan:

1. Prestasi belajar siswa dalam bidang studi pendidikan agama Islam memiliki nilai rata-rata cukup (6.44).

2. Disiplin keluarga dalam menjalankan ibadah dengan prestasi belajar siswa mempunyai hubungan, 2 dan pengaruh yang positif dimana Chi Square (X=30.7 diperoleh KK sebesar 0.538 karena lebih besar dari tarap kepercayaan 99% (13.3) dan KK 0.538 tersebut berada pada 0.4000.600 yakni pada tingkat agak rendah.

3. Perhatian orang tua dalam mengikuti perkembangan pendidikan agama anak di sekolah mempunyai hubungan dan pengaruh positif dimana X 25.7 lebih besar dari tarap kepercayaan 99% (13.3) walaupun berada tingkat agak rendah dimana KK 0.505 yang berada pada tingkat 0.400 0.600.

4. Kemampuan orang tua dalam memenuhi sarana belajar siswa mempunyai hubungan dan pengaruh yang positif dengan prestasi belajar dalam bidang studi pendidikan agama Islam di sekolah dimana X = 27.5 diperoleh KK sebesar 0.517 karena lebih besar dari tarap kepercayaan 99% (13.3) dan KK 0.517 tersebut berada pada 0.400 0.600 yakni pada tingkat agak rendah.

Dengan adanya hubungan dan pengaruh antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi pendidikan agama di sekolah, maka diharapkan kepada sekolah agar lebih meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan keluarga siswa misalnya melalui pertemuan preodik antara orang tua, murid dan guru-guru, disamping itu diharapkan pula agar orang tua dapat meningkatkan pembinaan dan mengembangkan komunikasi yang positif dengan anak yang berada dalam lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Siswa;Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 18 Dec 2024 04:34
Last Modified: 18 Dec 2024 04:34
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5603

Actions (login required)

View Item View Item