Pelaksanaan model cooperative learning tipe script dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-qur’an Hadis pokok bahasan toleransi dalam perspektif Islam Kelas VII MTs An-Nur Palangka Raya

Nurhidayati, Nurhidayati (2016) Pelaksanaan model cooperative learning tipe script dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-qur’an Hadis pokok bahasan toleransi dalam perspektif Islam Kelas VII MTs An-Nur Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kualitas pembelajaran di sekolah, pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis hasil belajar siswa relative rendah dikarenakan sebagian siswa menganggap bahwa mata pelajaran Al-Qur’an Hadis adalah mata pelajaran yang kurang menarik. Selain itu, penggunaan model yang monoton juga berpengaruh besar terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model Cooperative Learningtipe Script dalam meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadis pokok bahasan toleransi dalam perspektif Islam.

Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1). Bagaimana pelaksanaan model Cooperative Learning Tipe Script dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pokok bahasan toleransi dalam perspektif Islam Kelas VII MTs An-Nur Palangka Raya?, 2). Bagaimana dampak dari pelaksanaan model Cooperative Learning Tipe Script dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pokok bahasan toleransi dalam perspektif Islam Kelas VII MTs An-Nur Palangka Raya?

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pokok bahasan toleransi dalam perspektif Islam . Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi.

Langkah-langkah pelaksanaan model Cooperative Learning tipe Script meliputi: 1).Guru menyiapkan materi tentang toleransi dalam perspektif Islam dan membagikannya kepada siswa, 2). Guru membagi siswa dalam kelompok saling berpasang-pasangan masing-masing berjumlah 2 orang, 3). Guru menentukan siswa yang menjadi pembicara dan pendengar, 4). Guru memberikan tugas kepada siswa untuk meringkas isi materi toleransi dalam perspektif Islam, 5). Siswa yang menjadi pembicara membacakan ringkasanya selengkap mungkin, dengan memasukan ide-ide pokok dalam ringkasanya, 6). Siswa bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya, 7). Kesimpulan siswa bersama-sama dengan guru.

Hasil penelitian yang digunakan dengan melaksanakan model Cooperative Learning tipe Script menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa mulai pre test, post tes siklus I, sampai post tes siklus II. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata presentase siswa 43,90% (pre test), meningkat menjadi 63,41% (post tes siklus I), dan meningkat lagi menjadi 90,24% (post tes siklus II). Dengan demikian, membuktikan bahwa pelaksanaan model Cooperative Learning tipe Script dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadis kelas VII MTs An-Nur Palangka Raya.

ABSTRACT

This research is motivated low quality of teaching in schools, on the subjects of the Qur'an Hadith student learning out comes are relatively low because the majority of students consider that subject Quran Hadith is a subject less attractive. In addition, the use of models monotonous also greatly affects the activity of students in the learning process. Therefore, there searchers used a model of Cooperative Learning type Script in improving learning out comes Qur'an Hadith subject of tolerance in Islamic perspective.

The problem of the writing of this thesis are:1). How is the implementation of Cooperative Learning Script Types models in improving learning out comes in subjects Qur'an Hadith subject of tolerance in the Islamic perspective of Class VII MTs An-Nur Palangkaraya?, 2). What is the impact of the implementation of Cooperative Learning Script Types models in improving learning out comes in subjects Qur'an Hadith subject of tolerance in the Islamic perspective of Class VII MTs An-Nur Palangkaraya?

This study uses classroom action research (PTK) as much as two cycles. Each cycle consists of four phases: planning, implementation, observation, and reflection.
The target in this study was teachers and students of class VII in the subject Quran Hadith subject of tolerance in Islamic perspective. The technique used in data collection tests, observation, and documentation.

Step-by-step execution model of Cooperative Learning Script types include:1). Teachers prepare materials about tolerance in Islamic perspective and distribute them to students, 2). The teacher divides the students in each group to pair each numbered 2, 3). Teachers determine student who became the speaker and listener, 4). Teachers give assignments to the students to summarize the content ofthe material in the perspective of Islamic tolerance, 5). Students who became speaker read complete as possible, by includeing the main ideas 6). Students exchanged roles, originally speaker exchanged in to the audience and vice versa, 7). Conclusion students together with teachers.

The results of the study are used to implement cooperative learning model of the type of script to show an increase in student learning out comes begin pre-test, post-test cycle I, until the post-test cycle II. It can be seen from the average value of the percentage of students 43.90% (pre-test), increased to 63.41% (post-test cycle I), and increased to 90. 24% (post-test cycle II). Thus, to prove that the implementation of cooperative learning model of the type of script to improve learning out comes Qur’an Hadith class VII MTs An-Nur Palangka Raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model cooperative learning Tipe Script; Hasil Belajar; Toleransi ; pelajaran Al-Quran Hadis
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 22 Apr 2018 04:10
Last Modified: 22 Apr 2018 04:10
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item View Item