Strategi Guru Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Palangka Raya

Romansyah, Romansyah (2008) Strategi Guru Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Romansyah - 0301110585.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kenyataan yang terjadi di MAN Model Palangka Raya dalam mata pelajaran Bahasa Arab, guru tidak melakukan strategi secara efektif dan efisien. Hal ini kalau dibiarkan berlarut-larut akan berakibat buruk terhadap proses pembelajaran Bahasa Arab khususnya bagi siswa itu sendiri. Dengan latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pembelajaran menyimak (istima) guru dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Palangka Raya? 2) Bagaimana strategi pembelajaran berbicara (kalam) guru dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Palangka Raya? 3) Bagaimana strategi pembelajaran membaca (qira'ah) guru dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Palangka Raya? 4) Bagaimana strategi pembelajaran menulis (kitabah) guru dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Palangka Raya? Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Strategi pembelajaran menyimak (istima') guru dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Palangka Raya. 2) Strategi pembelajaran berbicara (kalam) guru dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Palangka Raya. 3) Strategi pembelajaran membaca (qira'ah) guru dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Palangka Raya 4) Strategi pembelajaran menulis (kitabah) guru dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah 2 orang guru dan 8 orang siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan data reduction (penyeleksian data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing (penarikan
kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi pembelajaran menyimak (istima') yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di MAN Model Palangka Raya adalah membacakan teks pelajaran Bahasa Arab dan siswa memperhatikan bacaan tersebut. Kemudian dengan menguruh beberapa orang siswa untuk membacakan teks pelajaran Bahasa Arab dan siswa yang lain memperhatikannya. 2) Strategi pembelajaran berbicara (kalam) yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di MAN Model Palangka Raya adalah menyuruh beberapa orang siswa atau siswi, dan bisa juga berpasang-pasangan maju ke depan kelas untuk melakukan percakapan atau muhadasah. 3) Strategi pembelajaran membaca (qira'ah) yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di MAN Model Palangka Raya adalah membacakan buku paket pelajaran Bahasa Arab dan kemudian menyuruh beberapa orang siswa untuk membacakan buku paket tersebut. 4) Strategi pembelajaran menulis (kitabah) yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di MAN Model Palangka Raya adalah menyuruh siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada pada buku paket pelajaran Bahasa Arab dan jawabannya ditulis dengan menggunakan tulisan Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200527 Arabic Literature (al-Adab al-‘Arabī) > 20052799 Arabic Literature (al-Adab al-‘Arabī) not elsewhere classified
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 03 May 2024 02:08
Last Modified: 03 May 2024 02:08
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5480

Actions (login required)

View Item View Item