Maysarah, Maysarah (2016) Pengembangan bahan ajar komik mata pelajaran akidah akhlak materi akhlak tercela Kelas V pada madrasah ibtidayah. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak May.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah materi yang terdapat pada jenjang MI kebanyakan masih bersifat abstrak khususnya materi akhlak tercela, sedangkan siswa kelas V masih kesulitan memahami materi hanya melalui penjelasan dari guru saja. Bahan ajar yang digunakan masih konvensional yakni menggunakan media cetak seperti buku paket dan LKS.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tahapan-tahapan pengembangan bahan ajar komik mata pelajaran akidah akhlak dan tanggapan siswa dalam bahan ajar komik materi akhlak tercela.
Pengembangan dilakukan melalui 10 tahapan menggunakan model Dick and Carey: (1) menganalisis kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan, (2) menganalisis pembelajaran, (3) menganalisis pebelajar dan konteks pembelajaran, (4) menuliskan tujuan performasi, (5) mengembangkan instrumen penilaian, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan bahan ajar, (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, (9) merevisi pembelajaran, (10) mengembangkan evaluasi sumatif
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar untuk pembelajaran disekolah. Berdasarkan penilaian hasil uji coba perorangan dari aspek tampilan menyebutkan bahwa Nilai yang diperoleh 92 dengan criteria Sangat Baik. Aspek materi menyebutkan bahwa jumlah Nilai yang diperoleh 93 dengan criteria Sangat Baik. Uji coba kelompok kecil dari aspek tampilan menyebutkan bahwa Nilai yang diperoleh 86 dengan criteria Sangat Baik. Aspek materi menyebutkan bahwa Nilai yang diperoleh 89 dengan criteria Sangat Baik. Uji coba kelompok besar dari aspek tampilan menyebutkan bahwa Nilai yang diperoleh 86 dengan criteria Sangat Baik. Aspek materi menyebutkan bahwa jumlah Nilai yang diperoleh 87 dengan criteria Sangat Baik. Tanggapan siswa terhadap bahan ajar komik matapelajaran akidah akhlak materi akhlak tercela berdasarkan aspek motivasi dan manfaat siswa banyak yang menyatakan bahwa merasa senang mengikuti pembelajaran materi pesimis dan putus asa dan dengan menggunakan bahan ajar tersebut dapat memberikan motivasi untuk belajar mata pelajaran akidah akhlak.
ABSTRACT
The background of this research is the material contained in Madrasah Ibtidayah levels mostly still abstract particularly reprehensible morals material,while the fifth grade students still have trouble comprehend material through the explanation of the teacher. Teaching materials used are conventional ie using print media such as textbooks and worksheets. This study was aimed to reveal in the steps developing teaching material of comic subject on moral aqeedah and student conception of reprehensible moral teaching material.
Developing was carried out in ten steps using Dick and Carey models: (1) analysing the need to goal identify, (2) analysing of learning, (3) analysing learners and learning contexts, (4) writing purpose of performance, (5) developing of assessment instrument, (6) developing of learning strategies, (7) developing of teaching material, (8) the design and conducting formative evaluation, (9) revising the learning, (10) developing summative evaluation.
The result of this research showed that the teaching material developed already qualifiedand eligible to be used as a teaching material of learning medium. Based on the assessment result of individual test of aspects in display performance mentioned that score assessment results obtained 92 categorized very good. The material aspects mentioned that score assessment results obtained 93 categorized very good. Small group test of aspects performance mentioned that score assessment results obtained 86 categorized very good. The material aspects mentioned that score assessment results obtained 89 categorized very good. Large group test of aspects performance mentioned that score assessment results obtained 86 categorized very good. The material aspects mentioned that score assessment results obtained 87 categorized very good. The student responses to the teaching material of comic subject on moral aqeedah reprehensible moral based on aspects of motivation and benefit for many students who states that feel happy to followinstructional materialpessimistic and hopeless and using instructional teaching material that can provide the motivation to study subject of moral aqeedah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar komik; materi akhlak tercela; Pendidikan Agama Islam (PAI); |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 03:33 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 03:33 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/543 |
Actions (login required)
View Item |