Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada konsep zat dan wujudnya dikelas vii semester I MTsN Model I Palangka Raya

Sulistiani, Eka Rini (2009) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada konsep zat dan wujudnya dikelas vii semester I MTsN Model I Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Eka Rini Sulistiani - 0201130004.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengkaji masalah-masalah sebagai berikut: Bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW? Bagaimana keterampilan kooperatif tipe JIGSAW? Bagaimana respon siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW? Bagaimana hasil belajar fisika siswa pada konsep zat dan wujudnya setelah diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW?
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang dilakasanakan di MTsN I Model Palangka Raya tahun ajaran 2008/2009 dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 218 orang terbagi menjadi 6 kelas yakni kelas VII- 1, VII-2, VII-3, VII-4, VII-5, dan VII-6. Sampel penelitian ini pada kelas VII-5 dengan jumlah 36 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah 1). Lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran. 2). Lembar pengamatan keterampilan kooperatif siswa selama pembelajaran, 3) Angket respon siswa terhadap pembelajaran, 4) Tes hasil belajar siswa, instrument tes terdiri dari 50 butir soal pilihan ganda dengan 4 opsion yang diuji cobakan pada kelas VII-3. Dari hasil uji coba diperoleh 18 butir soal gugur dan 32 butir soal dipakai uji coba soal meliputi validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran.
Hasil analisis data menunjukkan aktivitas guru yang paling dominan adalah mengamati kegiatan siswa mencapai 25,18%, dan aktivitas siswa yang paling dominan adalah berdiskusi/bertanya antar siswa dan guru mencapai 36,01% dari seluruh kegiatan. Keterampilan kooperatif siswa yang paling dominan adalah berada dalam tugas mencapai 21.02%. Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW sebagian besar menyatakan senang sebesar 83.33%, siswa merasa baru dengan model pembelajaran sebesar 88.88% dan 100% siswa merasa bermanfaat diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif JIGSAW.
Hasil belajar yang dicapai oleh siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW termasuk kedalam kategori baik dilihat dari tingkat ketercapaian hasil belajar siswa sebesar 86.7%. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran fisika khususnya pada konsep zat dan wujudnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; pendidikan fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 30 Mar 2024 03:58
Last Modified: 30 Mar 2024 03:58
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5421

Actions (login required)

View Item View Item