Prasetia, Tri Agung (2009) Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode teams games tournament (tgt) pada materi pokok tata surya Semester II di kelas x Mas Darul Ulum Palangka Raya tahun ajaran 2008/2009. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Tri Agung P - 040 113 0042.pdf Download (20MB) |
Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, mengetahui pengelolaan pembelajaran fisika, mengetahui hasil belajar siswa, dan mengetahui respon siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode Teams Games Tournament (TGT) pada materi pokok tata surya.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dalam pengumpulan datanya, waktu penelitian bulan April-Mei 2009. Instrumen yang digunakan adalah: lembar pengamatan (aktivitas guru dan siswa, pengelolaan pembelajaran), tes hasil belajar kognitif siswa, dengan instrumen tes berjumlah 50 butir soal pilihan ganda dengan 5 option yang diujicobakan pada kelas X-B. Dari hasil ujicoba didapat 20 butir soal yang gugur dan 30 butir soal yang dipakai (valid), ujicoba soal meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda. Serta angket respon siswa terhadap pembelajaran.
Sampel penelitian adalah kelas X-A semester II MA Darul Ulum Palangka Raya berjumlah 20 orang (sampel total). Pada sampel diajarkan materi pokok Tata Surya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan metode TGT, Pada akhir pembelajaran, sampel diberikan tes akhir (post-test) yang bertujuan untuk mengetahui tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek kognitif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aktivitas guru yang dominan, yaitu membimbing kelompok, memandu siswa memainkan TGT sebesar 26,67%. Aktivitas siswa yang dominan adalah membahas LKS sebesar 15,0%. Pengelolaan pembelajaran menunjukkan hasil yang baik dengan rata-rata penilaian 3,09. Ketuntasan klasikal pada THB mencapai 85% siswa tuntas, ketuntasan TPK secara umum dikatakan tuntas dengan nilai rata-rata 81,25%. Respon siswa terhadap metode TGT, senang mengikuti KBM sebesar 100%, baru mengikuti KBM sebesar 100%, senang mengikuti KBM berikutnya dengan metode TGT sebesar 100%, bermanfaat bagi siswa terhadap pokok bahasan menggunakan metode TGT sebesar 100%, baru bagi siswa pokok bahasan menggunakan metode TGT sebesar 86,4%, senang jika semua pokok bahasan diajarkan menggunakan metode TGT sebesar 77,3%, buku siswa bahasanya mudah dimengerti 95.5%, dan isi buku menarik sebesar 86,4%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran |
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 12:38 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 13:00 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5402 |
Actions (login required)
View Item |