Strategi pembelajaran kooperatif tipe everyone is a teacher here pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA NU Palangka Raya

Syahrin, Jumratul (2016) Strategi pembelajaran kooperatif tipe everyone is a teacher here pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA NU Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi Jumratul.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu komponen penting dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. Pendidikan juga dapat sebagai proses pengaruh tingkah laku anak didik menjadi manusia dewasa yang mampu hidup mandiri dan sebagai anggota masyarakat dalam lingkungan alam sekitar dimana individu itu berada.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaranagama Islam dan mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here di kelas XI SMA NU Palangkaraya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif yaitu dengan memberikan skor sesuai dengan item yang dikerjakan dalam penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMA NU Palangkaraya menunjukkan bahwa hasil analisis terhadap pengelolaan pembelajaran pendidikan agama islam dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe everyone is a teacher here adalah termasuk memiliki kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,80. Adapun ketuntasan belajar setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe everyone is a teacher secara keseluruhan ketuntasan individu siswa yaitu 13 orang tuntas dan 1 orang tidak tuntas, sedangkan ketuntasan klasikal adalah sebesar 92,85%.

ABSTRACT

Education is an important component in improving the quality of human resources. Education can also be a process of influence the child's behavior becomes human adult learners able to live independently and as a member of the community in the surrounding natural environment in which individuals live.

This reached aimed to describe the management of learning Islam and know the results of student learning as applied to cooperative learning model Everyone Here Is A Teacher in class XI SMA NU Palangkaraya . This study used a qualitative approach and quantitative approach . Data analysis technique used is quantitative data analysis by giving a score according to the item that was done in the study.

Based on the reached of research conducted in SMA NU Palangkaraya shows that the analysis of the management of Islamic religious education learning using cooperative learning model everyone is a teacher here is included having both categories with an average value of 3.80 . The results of the study after the implementation of cooperative learning model everyone is a teacher overall mastery of individual students are 13 complete and one person is not finished , while the classical completeness is equal to 92.85 % .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone Is A Teacher Here; Ketuntasan Belajar; Pengelolaan Pembelajaran; results of learning; Learning Management
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 26 May 2017 03:53
Last Modified: 26 May 2017 03:53
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item