Efektivitas penggunaan e-modul berbasis poe (predict, observe, explain) terhadap kemampuan berpikir kritis dan keyakinan (belief) pada siswa

Aulia, Maryam (2022) Efektivitas penggunaan e-modul berbasis poe (predict, observe, explain) terhadap kemampuan berpikir kritis dan keyakinan (belief) pada siswa. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI MARYAM AULIA & 1801130407.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara yang disimpulkan bahwa bahan ajar yang digunakan belum dapat membuat kemampuan berpikir kritis siswa secara maksimal. Begitu pula dengan cara pandang siswa terhadap pelajaran fisika atau yang dikenal dengan keyakinan (belief) siswa masih tergolong belum maksimal. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes awal pada kemampuan berpikir kritis melalui tes memperoleh skor rata-rata 38,37 yang tergolong belum maksimal dan belief melalui angket memperoleh skor rata-rata 61,93 yang termasuk kategori kurang yakin.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) efektivitas e-modul berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada materi teori kinetik gas terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di SMAN 5 Palangka Raya; (2) efektivitas e-modul berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada materi teori kinetik gas terhadap keyakinan (belief) siswa kelas XI di SMAN 5 Palangka Raya.

Penelitian ini adalah jenis penelitian mix method model concurrent embedded. Metode primer yang digunakan adalah metode kuantitatif dan metode sekunder yang digunakan adalah metode kualitatif untuk mendukung data angket belief menggunakan wawancara. Metode kuantitatif yang digunakan adalah pre-experiment dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini adalah 25 siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 5 Palangka Raya. Sampel diberikan perlakuan berupa proses pembelajaran menggunakan bahan ajar e-modul berbasis POE. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) lembar tes kemampuan berpikir kritis; (2) lembar angket keyakinan (belief) siswa dan (3) lembar pertanyaan wawancara keyakinan (belief) siswa.
Hasil penelitian efektivitas ini diperoleh dengan analisis effect size adalah sebagai berikut: (1) nilai effect size dari kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 3,28 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Efektivitas bahan ajar ini juga terlihat dari terjadinya peningkatan antara sebelum dan sesudah perlakuan dengan nilai N-Gain 0,73 yang termasuk kategori tinggi; (2) nilai effect size dari keyakinan (belief) siswa sebesar 1,18 yang termasuk dalam kategori tinggi. Efektivitas bahan ajar ini juga terlihat dari terjadinya peningkatan antara sebelum dan sesudah perlakuan dengan nilai N-Gain 0,39 yang termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis POE ini efektif untuk digunakan dalam pembelajaran yang dapat memberikan dampak baik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan keyakinan (belief) siswa.

ABSTRACT

This research was conducted based on the results of initial observations and interviews which concluded that the teaching materials used had not been able to maximize students' critical thinking skills. Likewise, the student's perspective on physics lessons or what is known as student belief is still not optimal. This is shown from the results of the initial test on critical thinking skills through tests obtaining an average score of 38.37 which is classified as not maximal and belief through questionnaires obtaining an average score of 61.93 which is included in the less sure category.

The aims of this study were to determine: (1) the effectiveness of the POE-based e-module (Predict, Observe, Explain) on gas kinetic theory material on the critical thinking skills of class XI students at SMAN 5 Palangka Raya; (2) the effectiveness of the POE-based e-module. (Predict, Observe, Explain) on the kinetic theory of gas material on the beliefs of class XI students at SMAN 5 Palangka Raya.

This research is a type of mix method research with concurrent embedded model. The primary method used is a quantitative method and the secondary method used is a qualitative method to support the belief questionnaire data using interviews. The quantitative method used is pre-experiment with a one-group pretest-posttest research design. The sample in this study were 25 students of class XI MIPA 2 SMAN 5 Palangka Raya. The sample was given treatment in the form of a learning process using POE-based e-module teaching materials. The instruments used in this study were (1) critical thinking ability test sheets; (2) student's belief questionnaire and (3) student's belief interview question sheet.

The results of this effectiveness research obtained by effect size analysis are as follows: (1) the effect size value of students' critical thinking abilities is 3.28 which is included in the very high category. The effectiveness of these teaching materials can also be seen from the increase between before and after treatment with an N-Gain value of 0.73 which is included in the high category; (2) the effect size value of students' belief is 1.18 which is included in the high category. The effectiveness of this teaching material can also be seen from the increase between before and after treatment with an N-Gain value of 0.39 which is included in the medium category. Based on the results of the study, it can be concluded that this POE-based e-module is effective for use in learning which can have a good impact on students' critical thinking skills and students' beliefs.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; e-modul
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:42
Last Modified: 11 Jan 2024 04:15
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5229

Actions (login required)

View Item View Item