Strategi pemasaran tabungan wadi’ah pada BSI Kantor Cabang Palangka Raya 1

Sogoro, Muhammad Bayu (2022) Strategi pemasaran tabungan wadi’ah pada BSI Kantor Cabang Palangka Raya 1. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Muhammad Bayu Sogoro & 1704110181.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bank syariah merupakan salah satu bank yang berprinsip kepada Al-Qur’an dan Hadis yang memiliki perbedaan dengan bank konvensional lainnya seperti halnya tabungan wadi'ah yang memiliki banyak keunggulan yaitu tidak adanya administrasi bulanan serta tidak mengandung unsur riba karena bersifat titipan murni yang tentunya tabungan ini sangat cocok untuk dimiliki siapapun. Dengan kelebihan tersebut perlu adanya strategi pemasaran yang baik agar produk tabungan wadi’ah semakin dikenal masyarakat serta dapat meningkatkan jumlah nasabah nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan tabungan wadi’ah serta dampak yang terjadi setelah menerapkan strategi tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah Branch Operational & service Manager, Staff Funding, dan 3 Informan. Pengumpulan data pada penelitian ini memakai teknik purposive sampling, dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber.

Hasil penelitian (1) strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan wadi’ah di BSI Palangka Raya 1 pihak BSI menggunakan dua cara yaitu secara online dan offline. untuk strategi pemasarannya pihak BSI mengunakan acuan pemasaran marketing mix yang lebih berfokus terlebih dahulu untuk menentukan calon target pemasarannya, setelah itu pihak BSI akan mengenalkan produk unggulan nya kepada Instansi/Masyarakat tentang tabungan wadi’ah dengan sosialisasi maupun sistem jemput bola (2) dampaknya adalah meningkatnya jumlah tabungan wadi’ah yang cukup signifikan dari tahun 2019-2021.

ABSTRACT
Islamic banks are one of the banks that are principled to the Qur'an and Hadith which have differences with other convention banks such as wadi'ah savings which have many advantages, namely the absence of monthly administration and do not contain elements of usury because it is pure entrustment which of course this savings is very suitable for anyone to have. With these advantages, it is necessary to have a good marketing strategy so that wadi'ah savings products are increasingly known to the public and can increase the number of customers. This study aim to determine marketing strategies in increasing wadi’ah savings and the impact that occurs after implementing these strategies.

This research is a field research using qualitative methods. The subjects of this study are Branch Operational & service Manager, Staff Funding, 3 informants. Data collection in this study used purposive sampling techniques, with data collection methods, namely interviews, observations, and documentation.the validation of the data of this study used the source triangulation technique.

The results of the research (1) marketing strategies in increasing the number of wadi'ah savings customers at BSI Palangka Raya 1 BSI uses two ways, namely online and offline. For its marketing strategy, BSI uses a marketing mix marketing reference that focuses more first on determining its potential marketing targets, after that BSI will introduce its superior product to agencies/communities abaout wadi’ah savings with socialization and the ball pick up system. (2) the impact is the increase in the number of wadi’ah savings whice is quite significant from 2019-2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Bank Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:02
Last Modified: 11 Dec 2023 07:02
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5097

Actions (login required)

View Item View Item