Strategi pemasaran produk gadai pada masa pemulihan pandemi covid-19 di Pegadaian Syariah Kota Palangka Raya

Fikriyani, Hanna (2022) Strategi pemasaran produk gadai pada masa pemulihan pandemi covid-19 di Pegadaian Syariah Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Hanna Fikriyani&1804110317.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dampak pandemi covid-19 mengakibatkan muncul masalah ekonomi yaitu hilangnya mata pencaharian masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup. Hal ini dapat mendorong masyarakat untuk mendatangi pegadaian agar memperoleh dana dengan cara menggadaikan barang. Penelitian ini difokuskan pada dua permasalahan yaitu,(1) Strategi Pemasaran Produk Gadai yang dilakukan Pegadaian Syariah di Masa Pemulihan Pandemi Covid-19; (2)Kendala bagi Pegadaian Syariah Upaya Dalam Melakukan Strategi Pemasaran Produk Gadai di Masa Pemulihan Pandemi Covid-19.

Pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan konklusi dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Strategi Pemasaran Produk Gadai yang dilakukan pegadaian syariah adalah strategi STP yaitu: segmentasi pasar yang digunakan segmentasi pasar demografik. Membagi pasar berdasarkan kriteria nasabah. Sasaran pasar yang digunakan sasaran pasar dengan pembedaan. Melayani konsumen dengan produk yang berbeda sesuai dengan kebutuhan konsumen. Posisi pasar yang digunakan diferensiasi citra. Citra dari pegadaian adalah “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”, dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Marketing mix yang digunakan adalah 4P yaitu: produk yang paling banyak diminati adalah produk gadai emas. Harga yang diberikan mengikuti aturan dari kantor pusat. Lokasi Pegadaian sangat strategis dan mengandalkan segi marketing. Promosi yang dilakukan dengan cara online dan offline.

Melalui periklanan, publisitas, dan penjualan pribadi; (2)Kendala bagi Pegadaian Syariah Upaya Dalam Melakukan Strategi Pemasaran Produk Gadai adalah kendala internal yaitu adanya perubahan jam kerja, terbatasnya kegiatan operasional kantor, dan kurang sumber daya karyawan. Kendala eksternal yaitu banyak pesaing dan kompetitor yang sama melakukan pemasaran. Adapun solusi yang dilakukan adalah melakukan transformasi digitalisasi dan aktif kembali melakukan promosi offline. Strategi yang dilakukan di masa sebelum pandemi, saat pandemi, dan di masa pemulihan ini selama 3 tahun terakhir ternyata dapat meningkatkan omset usaha, jumlah barang jaminan maupun jumlah nasabah

ABSTRACT

The impact of the COVID-19 pandemic has resulted in economic problems, namely the loss of people's livelihoods to meet the needs of life. This can encourage people to go to pawnshops to get funds by pawning goods. This research is focused on two problems, namely, (1) Marketing Strategy for Pawn Products carried out by Sharia Pawnshops during the Recovery Period of the Covid-19 Pandemic; (2) Obstacles for Sharia Pawnshops Efforts in Carrying out Marketing Strategies for Pawn Products during the Recovery Period of the Covid-19 Pandemic.

This research approach is a qualitative descriptive approach using case study research. Data collection techniques in this study used observation, interview and documentation data techniques. Data analysis techniques in this study are data reduction, data presentation and conclusions and verification.

The results showed that (1) the Marketing Strategy of Pawn Products carried out by Islamic pawnshops was the STP strategy, namely: market segmentation used demographic market segmentation. Divide the market based on customer criteria. The target market used is the target market with distinction. Serve consumers with different products according to consumer needs. Market position used image differentiation. The image of the pawnshop is "Solving Problems Without Problems", by providing the best service to consumers. The marketing mix used is the 4Ps, namely: the product that is most in demand is the gold pawn product. Prices given follow the rules of the head office. The location of the Pawnshop is very strategic and relies on marketing. Promotions are carried out online and offline. Through advertising, publicity and personal selling; (2) Obstacles for Sharia Pawnshops Efforts in Carrying out Marketing Strategies for Pawn Products are internal constraints, namely changes in working hours, limited office operational activities, and lack of employee resources. External constraints are many competitors and the same competitors are doing marketing. The solution is to carry out digital transformation and actively re-do offline promotions. The strategy carried out in the pre-pandemic, during the pandemic, and during the recovery period for the last 3 years turned out to be able to increase business turnover, the number of collateral items and the number of customers.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Pegadaian Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:51
Last Modified: 11 Dec 2023 06:51
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5095

Actions (login required)

View Item View Item