Arifin, Arifin (2016) Bimbingan keagamaan melalu pengajaran Islam di Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Kajian Pustaka.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Metopel.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV Hasil.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V Penutup.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (176kB) | Preview |
Abstract
Bimbingan keagamaan adalah segala kegiatan yang dilakukan seseorang dalam rangka memberikan bantuan kepada orang lain yang mengalami kesulitan- kesulitan rohaniyah. Maka dengan demikian ada kemungkinan bahwa si terbimbing perlu diberi kemampuan melihat rangkaian problematika yang dihadapi seputar masalah-masalah keagamaan yang mengganggu ketenangan hidupnya baik dari segi kejiwaan maupun fisiknya. Rumusan maslaah (a) Bagaimana bentuk bimbingan keagaamaan melalaui pengajaran Islam (b) Bagaimana pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui pengajaran Islam (c) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dlaam bimbingan keagamaan melalui pengajarab Islam. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah (a) untuk mengetahui bentuk-bentuk bimbingan keagamaan melalui pengajaran islam di Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang; (b) untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui pengajaran islam di Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang; (c) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung apa yang ada di Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang disajikan dalam bab pertama, kedua dan ketiga, yang masing-masing membahas pendahuluan, tinjauan teoritis, dan metode penelitian sedangkan dalam hasil dan pembahasan ada dalam bab empat. Dalam pembahasan ini penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pembina panti dan sekaligus sebagai pembimbing agama Islam mereka berjumlah 4 orang.
Hasil penelitian ini (a) Bentuk-bentuk bimbingan keagamaan melalui pengajaran islam di Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang ialah ceramah keagamaan, bimbingan shalat, berdzikir dan bimbingan puasa. (b) Pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui pengajaran islam di Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang dilaksanakan ceramah agama 1 minggu sekali pada hari selasa pkl. 09.00 – 10.30 wib di aula dan mushallah dengan diikuti hampir semua penghuni panti yang beragama Islam. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, demontrasi/peragaan dan keteladanan. Materi yang disampaikan adalah aqidah, ahlak dan ibadah. (c) Faktor pendukung dalam bimbingan keagamaan adalah sarana prasana dan latar belakang lansia sebelum masuk panti yang sudah banyak melmiliki pengetahuan tentang agama. Faktor penghambat adalah kesehatan lansia, umur dan latar belakang lansia sebelum masuk panti yang kurang memiliki pengetahuan tentang agama.
ABSTRACT
Religious support all the activities carried out by someone in order to provide assistance to others who experience difficulties Rohaniyah. And thus it is likely that the need to be guided by the ability to see a series of problems faced about religious issues that unsettle life in terms of both mental and physical. Formulation maslaah (a) What form keagaamaan guidance melalaui Islamic teachings (b) How is the implementation of religious guidance through the teaching of Islam (c) What are the factors supporting and inhibiting dlaam religious guidance through pengajarab Islam. Therefore the purpose of this study were (a) to determine the forms of religious guidance through the teaching of Islam in Social Institutions Tresna Werdha Sinta rangkang; (b) to describe the implementation of religious guidance through the teaching of Islam in Social Institutions Tresna Werdha Sinta rangkang; (c) to determine the factors inhibiting and supporting what is in Social Institutions Tresna Werdha Sinta rangkang.
The study used a qualitative approach with descriptive research presented in the first chapter, the second and third, respectively with an introduction, a review of theoretical and research methods while in the results and discussion in chapter four. In this discussion the authors use the method of observation, interviews and documentation. Subjects in this study is a home builder and at the same time as mentors to their Islamic religion amounted to 4 people.
The results of this study (a) forms of religious guidance through the teaching of Islam in Social Institutions Tresna Werdha rangkang Sinta is a religious lecture, guidance prayer, dhikr and guidance fasting. (b) Implementation of religious guidance through the teaching of Islam in Social Institutions Tresna Werdha Sprott rangkang held religious lectures 1 week on Tuesday pkl. 9:00 to 10:30 pm in the hall and mushallah followed by almost all of the residents are Muslim. The method used is lectures, question and answer, demonstration / show and exemplary. Material presented is faith, moral and religious. (c) Factors supporting the religious guidance is a means of infrastructures and background before entering the homes of elderly who have a lot of knowledge about religion melmiliki. Inhibiting factor is the health of the elderly, elderly age and background before entering homes that lack of knowledge about religion.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan keagamaan, pengajaran Islam, PSTW Sinta Rangkang; religious guidance; teaching Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 01:45 |
Last Modified: | 28 Apr 2017 01:45 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/509 |
Actions (login required)
View Item |