Pengaruh hukuman terhadap disiplin siswa di mts.Hidayatul Insan Palangka Raya

Tamami, Ahmad (2016) Pengaruh hukuman terhadap disiplin siswa di mts.Hidayatul Insan Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Teoritik.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Hasil.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Penutup.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Manusia dalam kehidupannya tidak terlepas dari aturan dan norma yang berlaku, baik di masyarakat dan lingkungan tempat ia tinggal lainnya. Aturan mengharuskan setiap individu taat dan patuh. Konsekuensi dari pelanggaran yang dilakukan akan mendapat hukuman sesuai peraturan yang berlaku. Begitupun sekolah sebagai tempat pendidikan formal memiliki aturan agar membatasi perilaku yang tidak diinginkan. Penelitian ini didasari pengamatan peneliti yang mengamati bahwa tingginya hukuman yang dilakukan di MTs. Hidayatul Insan Palangka Raya. Berangkat dari permasalahan tersebut maka peneliti ingin meneliti masalah tersebut. Beberapa dari Permasalahan yang akan diteliti adalah (1) Bagaimana hukuman yang ada di MTs. Hidayatul Insan Palangka Raya? (2) Bagaimana kedisiplinan siswayang ada di MTs. Hidayatul Insan Palangka Raya? (3) Apakah ada pengaruh antara hukuman dan disiplin siswa yang ada di MTs. Hidayatul Insan Palangka Raya?

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 20%siswa dari 252 siswa yang ada di MTs. Hidayatul Insan Palangka Raya. Langkah pengolahan data yaitu Editing, Coding, Tabularing, dan Analizing. Pengumpulan data menggunakan teknik Angket, dan Dokumentasi. Kemudian uji hipotesis dengan korelasi product moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hukuman di MTs. Hidayatul Insan Palangka Raya ada hukuman fisik dan non fisik. Hukuman fisik seperti lari, push up, dijemur berdiri didepan kelas, dan lain-lain. Sementara hukuman nonfisik seperti, hafalan, menulis, sindiran serta teguran. Berdasarkan data yang telah diolah hukuman berada pada kategori tinggi, dengan hasil rubrik penilaian berada pada rata-rata 3,11. (2) Disipin siswa di MTs. Hidayatul Insan Palangka Raya termasuk dalam kategori baik, baik dalam disiplin waktu dan disipin tata tertib dan lainnya. Pada hasil penelitian disiplin berada dalam kualifikasi tinggi dengan hasil rubik penilaian berada pada rata-rata 3,36. (3) Berdasarkan hasil perhitungan product moment, bahwa variabel X (Hukuman) dan variabel Y (Disiplin) terdapat pengaruh tetapi dalam kategori sedang atau cukupan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rxy = 0,485 yang berada pada interpretasi 0,40-0,70. Berarti nilai r hitung = 0,485 lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikan 5% (0,273) maupun pada taraf signifikan 1% (0,354). Jadi, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nihil (H0) di tolak.Namun demikian pengaruh hukuman di MTs. Hidayatul Insan Palangka Raya yang cukup tersebu ttidak berdampak positif pada kedisiplinan siswa. Hal ini karena antara rubik pengamatan kedisiplinan dan hukuman masih memperoleh nilai rata-rata yang sama tinggi. Dimana disiplin memperoleh rata-rata 3,36 dan hukuman memperoleh niali 3,11. Jadi, walau disiplinnya tinggi tetapi tidak diimbangi dengan menurunnya jumlah hukuman. Dan berarti hukuman tidak berpengaruh positif terhadap kedisiplinan siswa di MTs. Hidayatul Insan Palangka Raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hukuman; disiplin; peraturan; MTs. Hidayatul Insan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 27 Apr 2017 04:31
Last Modified: 27 Apr 2017 04:31
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item