Strategi promosi bank pembiayaan rakyat syariah mitra amanah dalam mendapatkan nasabah pembiayaan potensial di Kota Palangka Raya

Atmaja, Harry (2022) Strategi promosi bank pembiayaan rakyat syariah mitra amanah dalam mendapatkan nasabah pembiayaan potensial di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Harry Atmaja 1704110134.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan perbankan syari’ah maupun konvensional sangat pesat khususnya di wilayah Kota Palangka Raya. Salah satu pertumbuhan tersebut ditandai dengan munculnya sebuah lembaga keuangan yaitu PT BPRS Mitra Amanah yang berada di jl. Raden Saleh Raya yang berdiri berkisar 10 tahun yang lalu. Perkembangan lembaga keuangan di Kota Palangka Raya baik lembaga keuangan konvensional maupun syariah sangat pesat, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi promosi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Amanah dalam mendapatkan nasabah pembiayaan potensial di Kota Palangka Raya. Dan untuk mengetahui bagaimana kelebihan dan kekurangan dari strategi promosi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Amanah dalam mendapatkan nasabah pembiayaan potensial di Kota Palangka Raya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan berjenis penelitian lapangan. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu Direktur Bisnis Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Amanah, Pegawai Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Amanah dan satu orang nasabah dari produk pembiayaan tersebut sebagai informan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan mengumpulkan data dan informasi sejenis dari berbagai sumber.

Hasil dari penelitian ini adalah strategi promosi yang digunakan Bank Pembiayan Rakyat Syariah Mitra Amanah dalam mendapatkan nasabah pembiayaan potensial di Kota Palangka Raya. Adapun strategi yang digunakan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Amanah dalam mendapatkan nasabah potensial yaitu: Personal Selling, Social media, Adapun kelebihan dan kekurangan dari salah satu strategi adalah Personal Selling, memudahkan untuk melakukan, pendekatan kepada orang lain akan lebih baik bila dilakukan dengan bertatap muka. Akibatnya pelaksanaan penjualan tatap muka menjadi mahal jika diukur berdasarkan biaya perkontak dengan konsumen.

ABSTRACT

The development of Islamic and conventional banking is very rapid, especially in the Palangka Raya City area. One of these growths is marked by the emergence of a financial institution, namely PT BPRS Mitra Amanah which is located on jl. Raden Saleh Raya which was founded around 10 years ago. The development of financial institutions in Palangka Raya City, both conventional and Islamic financial institutions is very rapid, the purpose of this study is to find out how the promotion strategy of Mitra Amanah Syariah People's Financing Bank in getting potential financing customers in Palangka Raya City. And to find out how the advantages and disadvantages of the promotion strategy of the Mitra Amanah Sharia Rural Bank in getting potential financing customers in the City of Palangka Raya.

The method used in this study is a qualitative method using a descriptive qualitative approach and field research. The subjects of this research are the Business Director of the Mitra Amanah Sharia People's Financing Bank, the employees of the Mitra Amanah Sharia People's Financing Bank and one customer of the financing product as an informant. Data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. The data validation technique uses source triangulation by collecting data and similar information from various sources.

The results of this study are the promotional strategies used by the Mitra Amanah Sharia Rural Bank in obtaining potential financing customers in the City of Palangka Raya. The strategies used by Mitra Amanah Sharia Rural Bank in obtaining potential customers are: Personal Selling, Social media, The advantages and disadvantages of one of the strategies is Personal Selling, making it easy to do, approach to other people would be better if done face to face. As a result, the implementation of face-to-face sales becomes expensive if measured based on the cost per contact with consumers.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi ; Bank Pembiayaan Rakyat Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 08 Dec 2023 04:24
Last Modified: 11 Dec 2023 04:28
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5068

Actions (login required)

View Item View Item