Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam dengan sistem penggabungan Kelas I dan II di SDN Selat Baru Kecamatan Karau Kuala Barito Selatan

Rahman, Abdur (2016) Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam dengan sistem penggabungan Kelas I dan II di SDN Selat Baru Kecamatan Karau Kuala Barito Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak A.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (A).pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (A).pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (A).pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (A).pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (A).pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Proses pembelajaran di kelas merupakan suatu yang harus diperhatikan dalam sebuah pendidikan di sekolah, hal ini merupakan bentuk sukses atau tidaknya proses transfer ilmu oleh pendidik kepada peserta didik.
Problematika dalam proses pembelajaran tidak dapat dipungkiri dan dihindari, baik dari dalam kelas maupun dari luar kelas. Oleh karena nya, peran guru di kelas pada saat proses pembelajaran sangat dibutuhkan demi terciptanya kegiatan pembelajaran yang baik. Dari latar belakang diatas, maka penulis mengadakan penelitian tentang Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan sistem penggabungan Kelas serta upaya yang dilakukan oleh guru untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana problem dalam penggabungan kelas I dan kelas II, Bagaimana upaya guru dalam mengatasi permasalahan yang terjadi. Dengan demikiantujuan penelitian ini adalahMendeskripsikan Problematika pembelajaran PAI dengan sistem penggabungan kelas, mengetahui upaya guru dalam mengatasi problematika tersebut di SDN Selat Baru, Kecamatan Karau kuala, Kabupaten Barito Selatan mulai bulan Agustus sampai Oktober2015.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa problem yang terjadi akibat kurangnya sarana yang ada di SDN Selat baru yaitu keterbatasan bangunan sekolah sehinga antara kelas I dan II di gabung menjadi satu kelas sehingga menimbulkan permasalahan baru ketika pembelajaran berlangsung, upaya yang dilakukan dalam mengatasi problem guru ketika pembelajaran berlangsung pertama-tama menegur siswa yang ribut, kedua memberikan hukuman ketika kesalahan itu terulang kembali dengan hukuman yang mendidik siswa misalkan menghafal surah pendek atau yang masih ada hubungannya dalam pembelajaran PAI.

ABSTRACT

Doing learning process in class was something that should be observed in education at school. This thing was a form of success or not the transfering knowledge process by the educator to the learners. The problem in learning process could not be avoided even from inside of the class or out of the class. Because of that the existing of teacher in the class especially on the learning process was very needed to create the best of learning activity. According to the background of the problem above, researcher did research on the problem of Islamic Education Learning by Combining Class System and An Effort which was done by teacher for solving the problem.

The formulations of the problem were what was the problem in combining class I and class II, and how teacher faced the problem. So, the purposes of this study were to describe the problem of Islamic Education Learning or PAI in Combining Class System, and to know the teacher’s effort in facing the problem at Elementery School Selat Baru, Karau Kuala Regency, South Barito on Agustus to October 2015.

The result of this study was to show what the recent problem was caused by less of supported tools at the Elementery School Selat Baru as well as limited building school so that between class I and II were combined to be one class but it caused new problem especially when the learning process be gun, the effort which had been done in solving the the teacher’s problem when the learning procces was going on. First, asking the students to calm down, second, giving educated punishment when the mistake was repeated again such as memorizing Al-Qur’an or something which related in Islamic Education Learning or PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Pendidikan Agama Islam; PAI; pembelajaran kelas rangkap; problematika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 26 Apr 2017 03:55
Last Modified: 26 Apr 2017 03:55
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/501

Actions (login required)

View Item View Item