Pengaruh budaya daerah terhadap penetapan harga jual sembako di Pasar Bebas Banjir Muara Teweh

Saleh, Achmad (2022) Pengaruh budaya daerah terhadap penetapan harga jual sembako di Pasar Bebas Banjir Muara Teweh. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI ACHMAD SALEH & 1704120714.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manusia senantiasa melakukan hubungan dan pengaruh timbal balik dengan manusia yang lain dalam rangka memenuhi kebutuhan dan mempertahankan kehidupannya. Dalam jual beli, kita mengenal dengan istilah harga, penentuan harga merupakan salah satu aspek penting dalam suatu kegiatan jual beli. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh budaya daerah terhadap penetapan harga jual sembako di pasar bebas banjir Muara Teweh.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 192 pedagang pasar bebas banjir Muara Teweh. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 66 orang dengan menggunakan rumus slovin dengan toleransi 10%. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi menggunakan SPSS 26.6 dan teknik analisis menggunakan regresi linear sederhana.

Hasil analisis linier sederhana menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,004. Dari hasil perbandingan nilai signifikan adalah 0,004 yang mana lebih kecil dari 0,05. Maka, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara variabel budaya daerah (X) dengan variabel penetapan harga jual sembako (Y). Serta koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,124, yang mengartikan bahwa pengaruh variabel bebas (pengaruh budaya daerah) terhadap variabel terikat (penetapan harga jual sembako) adalah sebesar 12,4%, sedangkan sisanya 87,6% dipengaruhi oleh variabel yang lain.

ABSTRACT

Human beings always have mutual relationships and influence other human beings to meet their needs and maintain their lives. In buying and selling, we know the term price, price determination is one of the important aspects of a buying and selling activity. The purpose of the study was to find out how much influence regional culture has on the pricing of selling necessities in the flood-free market of Muara Teweh.

This research uses a quantitative approach. The data collection method in this study used questionnaires. The population in this study amounted to 192 Muara Teweh estuary flood-free market traders. Meanwhile, the sample of this study was 66 people using the slovin formula with a tolerance of 10%. Meanwhile, the data analysis technique used is correlation analysis using SPSS 26.6, and analysis techniques use simple linear regression. The results of a simple linear analysis showed a significant value of 0.004.

The results of the comparison of significant values are 0.004 which is smaller than 0.05. Thus, Ho was rejected and Ha was accepted, meaning significant. This shows that there is an influence between the regional cultural variable (X) and the variable determining the selling price of necessities (Y). As well as the coefficient of determination (R Square) of 0.124, which means that the influence of the free variable (the influence of regional culture) on the bound variable (pricing of necessities) is 12.4%, while the remaining 87.6% is influenced by other variables.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Budaya Daerah; Harga
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 30 Nov 2023 04:02
Last Modified: 30 Nov 2023 04:07
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4990

Actions (login required)

View Item View Item