Eksistensi produk fesyen merek lokal bagi umkm distro di Kota Palangka Raya

Fadillah, Haris (2022) Eksistensi produk fesyen merek lokal bagi umkm distro di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI - HARIS FADILLAH & 1604120511.pdf

Download (2MB)

Abstract

Banyaknya produk fesyen merek luar negeri yang digemari oleh masyarakat Indonesia karena produk luar negeri dinilai lebih bergengsi dan berkualitas tinggi. Akan tetapi dalam beberapa tahun terakhir, kini masyarakat Indonesia khususnya pada kalangan milenial mulai berpindah haluan ke produk lokal. Seiring dengan itu banyaknya distro yang menjual produk fesyen merek lokal. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti terkait dengan eksistensi produk fesyen merek lokal bagi UMKM Distro di kota Palangka Raya.

Penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa dari kota Palangka Raya dan pelaku UMKM Distro di kota Palangka Raya dan objek penelitian ini adalah UMKM Distro di kota Palangka Raya, yaitu WYD Store dan Voker Distro. Untuk mendapatkan data, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik purposive sampling. triangulasi yang dipakai penulis dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Branding dari fesyen merek lokal di kota Palangka Raya bisa dilihat dari 2 aspek yaitu brand awareness dan brand image. Secara brand awareness mendapat pandangan yang baik dari mahasiswa yang ada di kota Palangka Raya ditandai dengan banyaknya produk fesyen merek lokal yang diketahui, adapun secara brand image ditandai dengan penilaian positif terhadap atribut produk seperti desain produk dan kualitas produk. (2) Produk fesyen merek lokal memiliki eksistensi yang baik, hal itu dibuktikan dengan produk lokal terus mengalami perkembangan mengikuti tren sehingga mempunyai daya tarik dari kualitas dan desain, serta kesadaran masyarakat untuk mendukung UMKM dalam negeri agar terus berkembang dengan cara membeli produk lokal yang orisinal. Kemudian didukung dengan hasil survei menunjukkan, 87,2% masyarakat menyatakan lebih suka membeli merek dalam negeri, serta 12,8% lebih suka produk bermerek dari luar negeri. (3) Keuntungan dari produk fesyen merek lokal khususnya pada kalangan anak muda, berdampak bagi penjualan produk fesyen merek lokal yang dijual oleh UMKM Distro yang ada di kota Palangka Raya, seperti WYD Store yang beralamat di jalan Sisingamangaraja, yaitu ditandai dengan peningkatan pada volume penjualan hingga jumlah merek lokal yang terus bertambah. Serta, Voker Distro yang beralamat di jalan Seth Adji, yaitu peningkatan pada volume penjualan bahkan sebelum produk lokal menjadi tren saat ini, peningkatan itu ditandai perkembangan dari bangunan distro yang dulu kecil sekarang sudah pindah ke distro yang lebih besar.

ABSTRACT

The number of foreign brand fashion products that are favored by the Indonesian people because foreign products are considered more prestigious and of high quality. However, in recent years, Indonesian people, especially millennials, have begun to switch to local products. Along with that, there are many Distro sell local brand fashion products. This study aims to examine the existence of local brand fashion products for UMKM Distro in Palangka Raya city.

The research used is a case study research with a descriptive qualitative approach. The subjects of this research are students from Palangka Raya city and the perpetrators of UMKM Distro in Palangka Raya city and the object of this research is the UMKM Distro in Palangka Raya city, namely WYD Store and Voker Distro. To obtain data, the data collection technique in this study used observation, interview, and documentation techniques with purposive sampling technique. The triangulation used by the author in this research is source triangulation and technique triangulation. The data analysis technique uses data collection, data reduction, data presentation and data conclusions.

The results showed that; (1) Branding of local brand fashion in Palangka Raya city can be seen from 2 aspects, namely brand awareness and brand image. Brand awareness gets a good view from students in Palangka Raya city marked by the number of known local brand fashion products, while brand image is marked by positive assessments of product attributes such as product design and product quality. (2) Local brand fashion products have a good existence, this is evidenced by the fact that local products continue to develop following trends so that they have the appeal of quality and design, and awareness to support domestic UMKM continues to grow by buying original local products. Then supported by survey results showing, 87.2% of the public stated that they prefer to buy domestic brands, and 12.8% prefer foreign branded products. (3) The advantages of local brand fashion products, especially among young people, have an impact on the sales of local brand fashion products sold by UMKM Distro in Palangka Raya city, such as the WYD Store which is located at Sisingamangaraja street, which is marked by an increase in sales volume until the number of local brands continues to grow. Also, Voker Distro which is located at Seth Adji street, namely an increase in sales volume even before local products become a current trend, this increase is marked by the development of the Distro building that used to be small now has moved to a larger Distro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi Produk; Strategi Pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:10
Last Modified: 29 Nov 2023 07:10
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4984

Actions (login required)

View Item View Item