Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian mebel usaha mandiri di kota palangka raya ditinjau menurut perspektif ekonomi islam

Analis, Ferina (2022) Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian mebel usaha mandiri di kota palangka raya ditinjau menurut perspektif ekonomi islam. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Ferina Analis & 1804120944.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kualitas produk merupakan faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan seringakali digunakan konsumen sebagai dasar pertimbangan tertarik atau tidaknya terhadap suatu produk tersebut hingga memutuskan untuk melakukan pembelian. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui seberapa besar pengaruh: (1) kualitas produk terhadap keputusan pembelian mebel Usaha Mandiri di Kota Palangka Raya, (2) kualitas produk terhadap keputusan pembelian mebel Usaha Mandiri di Kota Palangka Raya ditinjau dalam persfektif Ekonomi Islam.

Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Mebel Usaha Mandiri yang membeli produk mebel yang jumlahnya sebanyak 180. Jumlah sampel yang di ambil sebanyak 65 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) Mebel Usaha Mandiri di Kota Palangka Raya yaitu dengan nilai signifikan variabel kualitas produk (X) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Thitung (7,957) > Ttabel (1.998). nilai koefiensi dari variabel kualitas produk bernilai positif yaitu 0,530, maka Ha diterima. Sedangkan diketahui bahwa nilai R square = 0,501 atau 50,1%. Artinya terdapat hubungan yang signifikan kualitas produk terhadap keputusan pemelian Mebel Usaha Mandiri Di Kota Palangka Raya sedangkan sisanya 49,9% dipengaruhi oleh variabel lainnya atau error. Dan tinjauan ekonomi syariah,produk sudah memiliki kualitas yang bermutu baik dan bermanfaat Secara keseluruhan kualitas produk yang diterapkan oleh Mebel Usaha Mandiri dalam Ekonomi Islam sudah cukup baik, atau sesuai dengan konsep Ekonomi Islam, terutama kualitas produk yang baik dan dapat dipercaya, dan juga produk yang memiliki manfaat baik.

ABSTRACT

Product quality is a factor that can influence consumer purchasing decisions and is often used by consumers as a basis for considering whether or not they are interested in a product until they decide to make a purchase. The purpose of this study was to analyze and find out how much influence: (1) product quality on purchasing decisions for Mandiri Usaha Mandiri furniture in Palangka Raya City, (2) product quality on Mandiri Business furniture purchasing decisions in Palangka Raya City in terms of Islamic Economics perspective.

The population in this study is the Mandiri Business Furniture customers who buy furniture products, totaling 180. The number of samples taken is 65 respondents. The data analysis technique used is simple linear regression analysis.

The results showed that product quality (X) had a positive and significant effect on purchasing decisions (Y) for Independent Business Furniture in Palangka Raya City, with a significant value of product quality variable (X) of 0.000 <0.05 and the value of Tcount (7.957) > Ttable (1998). the coefficient value of the product quality variable is positive, namely 0.530, then Ha is accepted. While it is known that the value of R square = 0.501 or 50.1%. This means that there is a significant relationship between product quality and purchasing decisions for Independent Business Furniture in Palangka Raya City, while the remaining 49.9% is influenced by other variables or errors. And a review of the sharia economy, the product already has good quality and useful quality. Overall, the quality of the product applied by the Mandiri Business Furniture in Islamic Economy Furniture is quite good, or in accordance with the concept of Islamic Economics, especially the quality of the product. good and trustworthy, and also products that have good benefits.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemasaran ; Perilaku Konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 28 Nov 2023 08:22
Last Modified: 28 Nov 2023 08:22
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4982

Actions (login required)

View Item View Item