Emilia, Resti (2021) Upaya Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia 5 – 6 Tahun Di TK Al – Firdaus Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Resti Emilia - 1701180044.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan di lingkungan keluarga memiliki peran penting dan berpengaruh bagi kehidupan anak. Saat ini orangtua didorong untuk bisa mendampingi anak pada saat belajar di rumah, karena kemandirian anak masih kurang berkembang dengan baik, ada anak yang belum mampu bertanggung jawab dan anak juga belum memiliki sikap disiplin Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian anak usia 5 – 6 tahun yang bersekolah di TK Al – Firdaus Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya dan upaya orangtua dalam mengembangkan kemandirian pada anak usia 5 – 6 tahun yang bersekolah di TK Al – Firdaus Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obervasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan trianggulasi yaitu teknik sumber, teknik dan waktu.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Kemandirian pada anak dapat dilihat dari kegiatan sehari – hari yang anak lakukan di rumah seperti makan sendiri, memiliki rasa percaya diri dalam mengambil minum sendiri, memilki rasa bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas sekolah, memilki sikap disiplin dalam merapikan tempat tidur setiap pagi, pandai bergaul dalam hal bersosialisasi dengan teman, mampu berbagi bersama dalam permainan, dan mampu mengendalikan emosi dalam menghadapi persoalan 2) Upaya orangtua dapat dilihat dari membiasakan anak melakukan aktifitas sehari hari sendiri seperti : gosok gigi dan makan, mampu mengambil keputusan dalam memilih kegiatan yang anak inginkan tanpa larangan orang tua seperti : membeli makanan dari luar, memberi kesempatan bermain sendiri tanpa larangan orangtua seperti : bermain dengan mainan yang anak punya, memperkenalkan anak pekerjaan rumah tangga seperti : menyapu dan mencuci baju, mengajarkan anak mengatur jadwal dalam mengingatkan kegiatan anak sehari – hari seperti : kapan mengerjakan tugas dan kapan bermain, mengajarkan anak rasa tanggung jawab dalam menyelesaikan tugasnya dan membiasakan diri menerapkan pola hidup sehat dengan cara mengajak anak berolahraga.
ABSTRACT
Parents are the first teachers in a child's life who must develop their child's independence. Currently parents are challenged to be able to accompany children when studying at home, because children are less developed, children have not been able to do their own activities are still assisted by parents. Therefore, this study aims to describe children’s independence aged 5-6 years who attend kindergarten Al - Firdaus Menteng urban village, Jekan Raya sub-district, Palangka Raya city, and the efforts of parents in developing independence in children aged 5 - 6 years who attend kindergarten Al - Firdaus Menteng urban village, Jekan Raya sub-district, Palangka Raya city.
This research used qualitative research method. Data collection techniques that were used in this study were techniques of observation, interviews, and documentation. Data legalize technique in this study used technical triangulation i.e. technique source, technique, and time.
The results of this study showed that independence in children can be seen from 1) daily activities that children do at home such as eating alone, having confidence in taking their own drinking, having a sense of responsibility in completing schoolwork, having a disciplined attitude in making the bed every morning, good at getting along and getting along. Socializing with friends, being able to share together in terms of play, and being able to control emotions in the face of problems 2) Parental efforts can be seen from accustoming children to do their own daily activities such as: bathing themselves, brushing teeth, and eating, able to make decisions in doing activities that children want without parental restrictions such as: buy food from outside, give the opportunity to play alone without parental restrictions such as: playing with toys that children have, introducing children household chores such as: sweeping and washing clothes, teaching children to set a schedule in reminding children's daily activities such as: when to do tasks and when to play, give children a sense of responsibilityin the completing tasks and getting usedto adopting a healthy lifestyle by inviting children to exercise.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Anak Usia Dini |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 05:58 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 06:06 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4479 |
Actions (login required)
View Item |