Ulfah, Radia (2021) Pemanfaatan kertas origami untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak di TK Al-Firdaus Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Radia Ulfah - 1701180029.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pemanfaatan kertas origami efektif untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak karena kegiatan dengan media kertas origami ini mengharuskan anak mampu mengkoordinasi antara mata dan tangan. Kertas origami merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Adapun kemampuan motorik halus yang dapat distimulasi dengan memanfaatkan kertas origami adalah kegiatan meniru melipat kertas sederhana, menggunting pola, menempel gambar, dan meniru bentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang : 1) perkembangan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Al-Firdaus Palangka Raya dan 2) pemanfaatan kertas origami untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Al-Firdaus Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, subjek pada penelitian ini adalah delapan orang anak kelompok B1 TK Al-Firdaus yaitu NA, RN, DA, R, NS, AR, AH, dan DI, satu orang guru kelas dan satu orang guru pendamping. Sedangkan informan penelitian adalah kepala sekolah TK Al-Firdaus Palangka Raya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik pengabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Al-Firdaus Palangka Raya melalui kegiatan seperti melipat kertas, menempel gambar, menggunting pola, meniru bentuk, dan menggunakan alat tulis sudah tepat dan sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. 2) pemanfaatan kertas origami di TK Al-Firdaus Palangka Raya melalui kegiatan melipat kertas, menggunting pola, menempel, dan meniru bentuk dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun.
ABSTRACT
The use of origami paper to be effective for developing children's fine motor skills because activities with origami paper media require children to be able to coordinate between eyes and hands. Origami paper is one of the media that can be used to develop children's fine motor skills. The fine motor skills that can be stimulated by using origami paper are the activities of imitating simple paper folding, cutting patterns, pasting pictures, and imitating shapes. This study aims to describe: 1) the development of fine motor skills of children aged 5-6 years in TK Al-Firdaus Palangka Raya and 2) the use of origami paper to develop fine motor skills of children aged 5-6 years in TK Al-Firdaus Palangka Raya.
This study uses a qualitative descriptive method, the subjects in this study were eight children of group B1 TK Al-Firdaus namely NA, RN, DA, R, NS, AR, AH, and DI, one class teacher and one assistant teacher. Meanwhile, the research informant was the principal of the Al-Firdaus Kindergarten, Palangka Raya. The data collection technique used observation, interview and documentation techniques, while the data validation technique in this study used source triangulation and technical triangulation. Then the data analysis technique was carried out in four stages, namely data collection, data reduction, data presentation, and data verification.
The results showed that: 1) the activities carried out to develop the fine motor skills of children aged 5-6 years at Al-Firdaus Palangka Raya Kindergarten through activities such as folding paper, pasting pictures, cutting patterns, imitating shapes, and using stationery were appropriate and appropriate. in accordance with Child Development Achievement Level Standards. 2) the use of origami paper in Al-Firdaus Kindergarten Palangka Raya through paper folding, pattern cutting, pasting, and imitating shapes can develop fine motor skills of children aged 5-6 years.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan motorik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 05:47 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 06:05 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4478 |
Actions (login required)
View Item |