Strategi dan implementasi pengembangan pasar pemerintah datah manuah kota palangka raya

Jannah, Rahmatul (2021) Strategi dan implementasi pengembangan pasar pemerintah datah manuah kota palangka raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI RAHMATUL JANNAH-1604120566.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pasar tradisional mempunyai peranan penting dalam memajukan dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah sekitarnya. Keadaan pasar Datah Manuah masih kurang berfungsi secara strategis karena pasar Datah Manuah mengalami pengurangan intensitas pengunjung dan jumlah pedagang. Penelitian ini dilakukan untuk untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana strategi dan implementasinya dalam pengembangan pasar Datah Manuah. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis tentang penetapan strategi dan implementasi yang dilakukan untuk pengembangan pasar Datah Manuah kota Palangka Raya.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pihak pemerintah yang menaungi pasar Datah Manuah dan informan yaitu para pedagang yang menyewa toko/lapak/kios di pasar Datah Manuah. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan datanya menggunakan trianggulasi sumber dan teori. kemudian dianalisis melalui tahapan collection, reduction, display, dan conclusion drawing.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi yang dilakukan untuk pengembangan pasar pemerintah Datah Manuah kota Palangka Raya adalah Tujuan dari pengembangan pasar Datah Manuah adalah memenuhi kebutuhan masyarakat akan pasar dan peningkatkan pendapatan asli daerah. Penetapan kebijakan dengan membentuk badan pengawasan dan operasional pasar atau unit pelaksanaan teknis. Kordinasi langsung dari kepala dinas ke bagian bidang sampai ke unit pelaksanaan teknis. kemudian juga melakukan Revitalisasi untuk pengembangan pasar Datah Manuah. Penetapan program penawaran biaya sewa toko/kios/lapak lebih rendah 25%, penertipan penyewa yang menunggak, bebas biaya retribusi kendaraan dan kebersihan, dan pemanfaatkan halaman pasar gratis bagi oganisasi masyarakat. Pengimplementasi strategi yang dilakukan pada pasar pemerintah Datah Manuah untuk mencapai tujuan pengembangan pasar Datah Manuah ini menghadapi kendala dari beberapa faktor. Kemudian implementasi dari strategi tersebut terlaksana cukup baik namun masih kurang optimal beberapa hal dalam kebijakan dan programnya sehingga tujuan yang dicapai juga kurang optimal.

ABSTRACT

Traditional market has an important role in promoting and leading the economic growth of surrounding community. The Datah Manuah Market condition could not operate strategically because the number of visitor intensity and surviving merchant were decreased. Based on the phenomenon, the research was conducted to recognize how to develop the Datah Manuah Market. The aims of research were to identify and analyze the determination and implementation strategies of Datah Manuah Market in Palangka Raya city.

This research was a field research using qualitative method. The subjects were: the government officials who handle the Datah Manuah market and informants, namely traders who rent shops or stall. Data collection techniques were observation, interview, and documentation. The data were validated using triangulation technique of sources and theories. Then the data were analyzed through several steps; collection, reduction, display and drawing conclusion.

The results showed that the strategies of developing the Datah Manuah Government market in Palangka Raya city were: The purposes of developing the Datah Manuah market were to supply the community’s need and to increase the local revenue. The policy determination was established by a supervisory agency and market operators or technical implementing agency. The direct coordination was operated by the head of department to the technical implementing agency. Then it also supported the revitalization of developing the Datah Manuah market. Determining programs of shop/stalls rental fees (25% lower than regular fee), controlling in paying the bill, charge free of vehicle and cleaning, and also using the free market page area for community organizations. The implementation strategy of the Datah Manuah Government market was implemented to achieve the goals and encounter obstacles from several factors. In implementing the strategy, it was carried out well, but it was done ineffectively because some policies and programs did not implement optimally, so the achievement goals were also less than optimum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan pasar
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 30 Dec 2022 09:11
Last Modified: 30 Dec 2022 09:11
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4469

Actions (login required)

View Item View Item